Salin Artikel

Profil 5 SMA Terbaik Se-Jabar, Ada Masuk Peringkat 10 Besar Nasional

Dalam pengumuman tersebut terdapat hasil rerata UTBK 21.302 sekolah di Indonesia.

Di antaranya ada lima sekolah terbaik di Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Kompas.com mengulas profil lima sekolah terbaik di Jabar sebelum para calon peserta didik mengikuti proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2021 tingkat SMA/SMK sederajat yang dimulai 14 Juni 2021.

1. SMAK BPK 1 Penabur

Sekolah yang berada di Jalan Dursasana, Cicendo, Kota Bandung ini memiliki rerata nilai tes potensi skolastik (TPS) UTBK 2020 tertinggi di Jabar dengan capaian 592,52 dan menduduki peringkat 7 nasional.

SMA ini mulanya bernama SMA Kristen Kosambi yang berdiri pada tahun 1965 di Jalan Kosambi, Kota Bandung

Kemudian pada tahun 1976, sekolah ini berubah nama menjadi SMA BPK 1 Penabur. Saat ini, Sekolah ini berlokasi di Jalan Jalan Dursasana, No. 2 - 6, Cicendo, Kota Bandung.

Sekolah tersebut juga memiliki beragam prestasi. Seperti meraih rerata nilai Ujian Nasional (UN) tertinggi program IPA dan IPS dalam tiga tahun berturut-turut yakni tahun 2017, 2018, dan 2019.

Kemudian meraih beberapa medali dalam lomba penelitian internasional 8th Asia Pacific Conference of Young Scienties (APYCS) tahun 2019 di Rusia.

Lalu, meraih juara 3 di Young Scientist Competition 2019. Begitupun dalam kontes bahasa inggris, olimpiade matematika, hingga berbagai pertandingan olah raga, sekolah ini kerap meraih penghargaan.


2. SMAS Bina Bhakti 1

Sekolah yang berada di Jalan Industri Dalam No 12 Kota Bandung ini memiliki rerata nilai TPS UTBK 2020 tertinggi kedua di Jabar dengan capaian 582,568 dan menduduki peringkat 19 nasional.

SMAK 1 Bina Bakti berdiri pada 7 Januari 1974. Setelah pembangunan TK, SD, dan SMP pada tahun 1973.

Dalam kesehariannya, sekolah ini berupaya menciptakan suatu lingkungan dimana pendidik menikmati peran mereka dalam membagikan pengalaman dan ilmunya dalam dalam membimbing para siswa.

Para siswa pun didorong dan diberi kesempatan untuk mengembangkan bakat dan kemampuannya sebaik mungkin.

Ada berbagai life skills program yang ditawarkan. Seperti desain, bahasa, sinematografi, perhotelan, band, paduan suara, angklung, kelas seni, dan lainnya.

Selain itu, sekolah ini mempersiapkan siswa memiliki kemampuan dasar dalam bidang akademis, memiliki mental dan sikap yang baik, sehingga siap melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi atau saat terjun dalam kehidupan masyarakat.

3. SMAS Alloysius 1

Sekolah yang berada di Jalan Sultan Agung No 4 Kota Bandung ini memiliki rerata nilai TPS UTBK 2020 tertinggi ketiga di Jabar dengan capaian 581,123 dan menduduki peringkat 23 nasional.

Sekolah swasta Katolik ini memiliki sejarah yang panjang. Didirikan tahun 1930, membuat sekolah ini menjadi salah satu yang tertua di Kota Bandung.

Gedung bangunan SMAS Alloysius menjadi saksi bisu kelamnya masa penjajahan Jepang dan Belanda hingga sempat terbengkalai.

Baru pada tahun 1950-an, sekolah Santo Aloysius diserahkan kembali kepada Gereja Katolik, Ordo Salib Suci.

Selain unggul dalam akademik, sekolah yang kerap disebut Alloy oleh warga Kota Bandung ini memiliki beragam kegiatan ekstrakurikuler yang menarik.

Seperti TOP Drum and Bugle Corps, basket, paduan suara, komputer, Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), taekwondo, wushu, Korps Palang Merah (KPM), fotografi, dan lainnya.


4. SMAK BPK Penabur Holis

Sekolah yang berada di Komplek Taman Holis Indah Bandung ini memiliki rerata nilai TPS UTBK 2020 tertinggi keempat di Jabar dengan capaian 575,228 dan menduduki peringkat 37 nasional.

SMAK BPK Penabur Holils merupakan pengembangan dari SMAK BPK 1 Penabur Bandung.

Sama halnya dengan SMA BPK Penabur Bandung, sekolah ini memiliki beragam program sekolah yang menarik.

Seperti Disciplinary and Spirit Camp, In House Training, Home Stay, Lintas Minat-Investasi, dan lainnya.

Sekolah ini juga memiliki banyak prestasi. Misal semifinalis International Medical Science Competition Universitas Airlangga 2018, Juara 2 Basket Binbak Cup, dan lainnya.

5. SMAN 1 Bogor

Sekolah yang berada di Jalan Ir H Juanda No 16 Kota Bogor ini memiliki rerata nilai TPS UTBK 2020 tertinggi kelima di Jabar dengan capaian 574,94 dan menduduki peringkat 39 nasional.

SMAN 1 Bogor didirikan pada 1946 oleh Bapak Biologi Nasional, Prof Garnadi Prawiro Sudirdja dengan nama SPMA yang merupakan satu-satunya Sekolah Menengah Tingkat Atas di Kota Bogor saat itu.

Hingga kini SMA Negeri 1 Bogor dengan menjadi salah satu SMA terbaik yang berhasil membuktikan keberadaannya dengan berbagai prestasi akademik maupun non-akademik, baik tingkat kota, provinsi, nasional, bahkan internasional.

Seperti juara 1 Kompetensi Akuntasi Trisakti School of Management, juara 1 Global Goals Model United Nations 2019 Internasional Global Network Thailand 2019, dan lainnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/05/29/141342878/profil-5-sma-terbaik-se-jabar-ada-masuk-peringkat-10-besar-nasional

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke