Salin Artikel

Miliki 6 Candi, Padang Lawas Jadi Situs Hindu-Buddha Terbesar di Sumut

Kedua kabupaten ini adalah pemekaran dari Kabupaten Tapanuli Selatan pada tahun 2007.

Dikutip dari Indonesia.go.id, situs purbakala Padang Lawas mencirikan bangunan candi Hindu dan Buddha, serta kompleks percandian terbesar di Sumatera bagian utara.

Kata candi di kawasan ini mengacu pada bentuk dan fungsi bangunan antara lain untuk tempat beribadah, pusat pengajaran agam, serta penyimpanan abu jenazah para raja.

Selain itu, candi juga digunakan untuk tempat pemujaan atau persemayaman dewa dan petirtaan (pemandian), serta gapura.

Situs Padang Lawasa sering dikaitkan dengan data kesejarahan tentang sebuah kerajaan atau wilayah yang bernama Pannai atau Pane.

Namun, sampai saat ini masih ada perdebatan mengenai kerajaan tersebut.

Setidaknya ada enam biara/candi Hindu-Buddha yang dapat diidentifikasi dan dapat diketahui denah tata letak biaranya di Padang Lawas.

1. Biara Bahal I.

Biara Bahal I berada do Desa Bahal, Kecamatan Portibi, Kabupaten Padang Lawas Utara, atau sekitar 500 meter arah tenggara dari Biara Pulo.

Di halaman biara ini terdapat lima bangunan yang terdiri dari sebuah biara induk, sebuah bangunan tanpa atap yang diidentifkasi sebagai mandapa yang terletak di depan biara induk. Lalu ada sebuah biara perwara yang terletak di sebelah timur laut biara induk.

Serta ada dua buah bangunan lain yang terletak di sebelah barat daya mandapa (sebuah bangunan yang berfungsi sebagai aula dapat berupa bangunan berdinding atau tidak berdinding).

2. Biara Bahal II

Biara ini berlokasi di Desa Bahal, Kecamatan Portibi, Kabupaten Padang Lawas Utara, sekitar 500 meter arah tenggara dari Biara Bahal I.

Di halaman ada sebuah biara induk yang menghadap ke arah tenggara, dengan satu biara perwara di sebelah utara biara induk dan di depan biara induk terdapat sebuah mandapa.

3. Biara Bahal III

Situs ini terletak di Desa Bahal, Kecamatan Portibi, Kabupaten Padang Lawas Utara, sekitar 400 meter arah timur dari Candi Bahal II.

Di halamannya hanya ada dua komponen bangunan yaitu satu biara induk yang menghadap ke timur dan sebuah mandapa yang terdapat tepat di depan biara induk.

4. Biara Sangkilon

Situs ini terletak di Desa Sangkilon, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padang Lawas.

Jarak situs dari perkampungan penduduk sekitar kurang lebih 2,5 km ke arah barat. Kompleks biara ini walaupun hanya menyisakan gundukan dan runtuhan tetapi masih dapat diidentifikasi keletakannya.

Kompleks ini berpagar keliling berbahan bata, dengan luasan 44 m x 39,5 m. Pada halaman biara terdapat empat buah gundukan tanah yang merupakan runtuhan bangunan.

Sebuah biara induk yang menyisakan dua buah dinding tubuh biara. Sebuah gundukan tanah yang diduga perwara di sebelah utara, dan sebuah gundukan datar di sebelah timur biara induk yang diduga mandapa, serta sebuah gundukan tanah yang lebih kecil di sebelah utara mandapa.

5. Biara Situpoyan

Secara administratif biara ini masuk wilayah Desa Sitopoyan, Kecamatan Portibi, Kabupaten Padang Lawas Utara.

Saat ini kompleks ini ditandai dengan enam buah gundukan terbesar berukuran 20 x 10 m, dengan tinggi 2 m. Gundukan mandapa yang terletak di sebelah timur gundukan terbesar berukuran 8 m x 6 m dengan tinggi 1,5 m.

6. Biara Sipamutung

Biara ini berlokasi di Dusun Siparau Lama, Desa Siparau, Kecamatan Barumun Tengah, Kabupaten Padang Lawas. Kawasan situs berada di dekat pertemuan dua sungai, yaitu Sungai Pane di sebelah barat dan Sungai Barumun di sisi timur dan utara.

Area kompleks seluas 26,58 hektar ini dikelilingi oleh benteng tanah. Sebagian arkeolog mengasumsikan benteng tanteng tanaha ini berfungsi sebagai penahan atau pelindung dari segala bahaya. Di antaranya dari luapan air sungai yang berada tidak jauh dari kompleks percandian.

https://regional.kompas.com/read/2021/05/27/061600178/miliki-6-candi-padang-lawas-jadi-situs-hindu-buddha-terbesar-di-sumut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke