Salin Artikel

Warga di 18 Rusun Surabaya Di-swab Massal Setelah Kasus Belasan Penghuni Positif Corona

SURABAYA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Surabaya melakukan langkah cepat setelah menemukan 12 warga penghuni Rumah Susun (Rusun) Penjaringan Sari, Rungkut, Surabaya, Jawa Timur, terkonfirmasi positif Covid-19.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajatara mengatakan, Satgas Covid-19 Kota Surabaya akan melakukan swab massal kepada seluruh penghuni di semua rusun yang ada di Kota Pahlawan pada Selasa (25/5/2021) pagi ini.

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan Covid-19 setelah ditemukan terdapat 12 penghuni rusun yang terinfeksi virus corona.

"Insya Allah pagi ini kami akan melaksanakan swab hunter di seluruh rusun yang ada di Surabaya secara sereentak. Ini tujuannya untuk memetakan kembali, men-tracing kembali sebagai langkah antisipasi," kata Febri, saat dikonfirmasi, Selasa.

Menurut Febri, langkah tracing dan swab massal diperlukan karena dikhawatirkan terdapat sejumlah warga penghuni rusun yang sebelumnya pernah melakukan kunjungan ke luar Kota Surabaya atau mudik saat Lebaran.

Terlebih lagi, interaksi antarwarga di setiap rusun memang cukup tinggi.

Sehingga, ada kemungkinan bahwa warga saat menjalankan aktivitas sehari-hari cenderung mengabaikan protokol kesehatan.

"Kembali lagi, seperti yang tadi kami sampaikan, tujuannya untuk antisipasi. Jangan sampai ada klaster ataupun penyebaran di lingkungan rusun. Karena seperti kita ketahui, aktivitas atau interaksi warga di sekitar rusun itu kan cukup tinggi," ujar Febri.

Febri menuturkan, swab massal tersebut akan dilakukan di 18 rusun yang tersebar di Kota Pahlawan.

Nantinya, petugas gabungan akan mendatangi belasan rusun tersebut untuk melakukan swab massal, di antaranya petugas dari Dinas Kesehatan Kota Surabaya, puskesmas, Satpol PP, BPB Linmas, TNI-Polri, serta Satgas Kampung Tangguh di sekitar rusun tersebut.

"Insya Allah kurang lebih ada sekitar 18 rusun ya yang dikelola Pemkot Surabaya. Jadi pagi ini akan dilakukan secara massal untuk pelaksanaan tes swab," tutur Febri.

Adapun pelaksanaan swab massal yang ditujukan kepada para penghuni rusun tersebut dilakukan di sekitar area rusun.

Di masing-masing rusun, kata Febri, Satgas Covid-19 Surabaya akan menerjunkan tenaga medis dari puskesmas terdekat untuk melakukan swab massal.

"Kami menerjunkan tim dari masing-masing Puskesmas terdekat di rusun tersebut. Contohnya, Rusun Bandar Rejo dan Rusun Romokalisari maka yang kami tugaskan adalah dari Puskesmas Sememi," kata dia.


Kemudian, untuk Rusun Urip Sumoharjo, maka petugas dari Puskesmas Ketabang yang diterjunkan.

"Kalau Rusun Grudo dari Puskesmas Dr Soetomo dan lain sebagainya, seperti itu," ucap Febri.

Di samping itu, setelah melakukan swab massal kepada penghuni rusun, warga juga akan diberikan edukasi kembali agar tetap menjalankan protokol kesehatan secara ketat, sebelum maupun sesudah menjalani tes usap.

"Karena apa, kembali lagi ini antisipasi agar tidak menularkan ke keluarga maupun rekan-rekan tersayang kita," kata Febri.

Adapun untuk hasil tes usap kepada seluruh penghuni rusun di Kota Surabaya akan diinformasikan lebih lanjut.

Jika ada penambahan kasus positif Covid-19 dari penghuni rusun, maka mereka yang dinyatakan positif akan menjalani isolasi di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya.

"Ya, tetap kita kan menunggu (hasilnya). Karena proses Labkesda sendiri itu kan antara 1-2 hari baru keluar hasilnya," tutur Febri.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 12 warga yang tinggal di rumah susun (rusun) Penjaringan Sari, Rungkut, Surabaya, Jawa Timur, dinyatakan positif Covid-19.

Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota Surabaya Febriadhitya Prajatara mengatakan, adanya 12 orang yang terjangkit Covid-19 bermula dari 2 penghuni rusun tersebut.

Dari temuan 2 penghuni yang terindikasi positif Covid-19, Dinas Kesehatan Kota Surabaya kemudian melakukan tes swab massal pada Sabtu (22/5/2021) terhadap 75 penghuni Rusun Penjaringan Sari.

Pada Minggu (23/5/2021), hasil swab keluar di mana ada 12 warga di rusun tersebut terkonfirmasi positif Covid-19.

https://regional.kompas.com/read/2021/05/25/082558178/warga-di-18-rusun-surabaya-di-swab-massal-setelah-kasus-belasan-penghuni

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke