Salin Artikel

Soal Kriteria Capres PDI-P di Pilpres 2024, Puan: Pemimpin Itu Tak Hanya di Medsos, tetapi...

KOMPAS.com - Puan Maharani, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia (PDI-P), menyebut bahwa pimpinan yang dicari PDI-P adalah sosok yang memberikan kerja nyata di lapangan, bukan hanya di media sosial.

Sosok pemimpin tersebut, menurut putri Megawati Soekarnoputri itu, cocok di mata PDI-P di ajang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 nanti.

“Pemimpin menurut saya, itu adalah pemimpin yang memang ada di lapangan dan bukan di socmed (social media/media sosial),” tegasnya saat pembukaan Pameran Foto Esai Marhaen dan Foto Bangunan Cagar Budaya di Kantor DPD PDI-P Jawa Tengah, Panti Marhen, Semarang, Sabtu (22/5/2021).

Namun demikian, Puan mengakui, media sosial juga penting untuk mendunkung perjuangan seorang pemimpin di zaman sekarang. 

“Socmed diperlukan, media perlu. Tapi bukan itu saja. Harus nyata kerja di lapangan,” ujarnya.

Kriteria menurut PDI-P

Sementara Ketua DPP PDI-P Bidang Pemenangan Pemilu Bambang Wuryanto, mengatakan, target utama PDI-P di Pilpres 2021 adalah mutlak.

Namun, dirinya enggan untuk menyebut siapa calon yang akan diusung PDI-P dan hanya menegaskan, satu hal mutlak akan dilakukan PDI-P adalah soal track record calon tersebut.

“Setiap orang boleh mengeluarkan teorinya. Tapi setidaknya ada teori yang valid dan firm yang menyatakan bahwa memilih seorang pemimpin nomor satu adalah cek track record-nya,” kata Bambang yang juga menjabat sebagai Ketua DPD PDI-P Jateng.

Setidaknya, menurut Bambang, ada tiga kriteria pemimpin yang patut diusung nantinya.

Ketiga kriteria itu diketahui setelah dilakukan penelusuran rekam jejak pada yang bersangkutan.

“Dari penelusuran rekam jejak, akan diketahui tiga hal. Karakternya, kompetensinya dan kapasitasnya,” kata pria yang akrab disapa Bambang Pacul ini.

Hal senada, Puan menambahkan, PDI-P siap untuk bersaing dalam Pilpres 2024.

“Kita diem-diem saja kaya ndak siap. Kita siap! Hanya, kita itu partai yang tegak lurus pada aturan,” ungkap perempuan yang juga menjabat Ketua DPRD RI tersebut.

(Penulis: Kontributor Semarang, Riska Farasonalia | Editor: Teuku Muhammad Valdy Arief)

https://regional.kompas.com/read/2021/05/23/100054178/soal-kriteria-capres-pdi-p-di-pilpres-2024-puan-pemimpin-itu-tak-hanya-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke