Salin Artikel

32 Nakes RSUD Cilacap Positif Covid-19, Diduga Tertular ABK yang Terpapar Varian India

Sebagian besar di antara mereka terkait dengan perawatan 13 anak buah kapal (ABK) asal Filipina yang belakangan diketahui terpapar Covid-19 B1617.2 atau varian India.

"Sebagian besar pernah terkait, tapi tidak semuanya," kata Direktur RSUD Cilacap Ichlas Riyanto saat konferensi pers di Pendapa Kabupaten Cilacap, Sabtu (22/5/2021).

Namun Ichlas mengatakan, belum dapat memastikan apakah ke-32 nakes tersebut terpapar Covid-19 varian India atau bukan.

"Kami masih menunggu hasil tes genome oleh Balitbangkes Kementerian Kesehatan," jelas Ichlas.

Ichlas mengatakan, pihaknya melakukan swab test massal terhadap 179 nakes secara bertahap setelah ABK asal Filipina menjalani perawatan di RSUD Cilacap.

"Awal tracing dari tanggal 11 Mei 2021, beberapa nakes positif, kemudian kami lanjutkan tracing dan total 32 nakes yang positif Covid-19," ujar Ichlas.

Ichlas menjelaskan, 32 nakes tersebut terdiri atas tiga orang dokter dan sisanya merupakan perawat dan tenaga administrasi.

Sebanyak sembilan nakes menjalani perawatan di rumah sakit dan sisanya isolasi mandiri. Rencananya Pemkab akan menyiapkan isolasi terpusat untuk para nakes.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 13 anak buah kapal (ABK) asal Filipina yang ada di Cilacap, Jawa Tengah, dipastikan terpapar Covid varian baru dari India atau B1617.2.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji mengatakan, kepastian itu didapatkan setelah Pemkab menerima hasil tes genome dari Balitbangkes Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

https://regional.kompas.com/read/2021/05/22/165855478/32-nakes-rsud-cilacap-positif-covid-19-diduga-tertular-abk-yang-terpapar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke