Salin Artikel

Anggota DPRD Banten yang Liburan di Anyer dan Videonya Viral di TikTok Dapat Sanksi

Teguran itu diberikan setelah Ketua Fraksi PAN itu membuat konten video yang diunggah ke TikTok.

Dalam video itu, Dede menyebutkan, dirinya mewakili warga Banten berlibur di Pantai Anyer.

Ketua BK DPRD Banten Sopwan mengatakan, sesuai dengan tugas dan fungsinya, BK telah meminta klarifikasi dan pembelaan diri dari Dede pada Kamis (20/5/2021).

"Hasilnya, BK menilai tindakannya tidak etis, dan berdasarkan hasil rapat pleno, BK DPRD memutuskan memberikan sanksi berupa teguran keras lisan, dan segera menyusul teguran tertulis," kata Sopwan kepada Kompas.com melalui pesan singkat, Kamis.

Menurut Sopwan, tindakan Dede Rohana dinilai tidak etis dari pernyataan bahwa dirinya mewakili warga Banten untuk berlibur di saat ada penutupan wisata oleh Pemprov Banten.

Selain itu, perbuatan Dede Rohana juga dinilai menimbulkan pandangan yang kurang baik terhadap DPRD Banten.

"Ya kurang baik untuk image masyarakat terhadap DPRD Banten," ujar Sopwan.

Untuk itu, Sopwan meminta kepada semua anggota DPRD Banten untuk menaati tata tertib yang ada dan menjadikan kasus ini sebagai pelajaran.

"Ini warning untuk semua anggota DPRD Provinsi Banten agar menjunjung tinggi sikap, akhlak, adab dalam tindak tanduk perbuatan kehidupan di masyarakat maupun di media sosial," kata Sopwan.


Dede Rohana menerima sanksi BK DPRD Banten

Saat dikonfirmasi Kompas.com, Dede Rohana mengaku menerima dan menghormati keputusan BK DPRD Banten untuk memberikan sanksi kepadanya berupa teguran keras.

"Apa pun keputusan dari BK saya terima dengan tangan terbuka, karena itu sebagai bentuk kepedulian dan kasih sayang pada saya, dan saya hormati BK sebagai badan yang menjaga marwah lembaga DPRD Banten," kata Dede melalui pesan singkat.

Dengan adanya kasus yang sempat menghebohkan Banten itu, Dede Rohana berjanji untuk menjadikan kasus ini sebagai pelajaran.

"Ke depan saya akan lebih berhati-hati lagi dalam berkreasi di medsos, tapi tidak menyurutkan kreativitas saya di medsos," ujar Dede.

https://regional.kompas.com/read/2021/05/21/103246878/anggota-dprd-banten-yang-liburan-di-anyer-dan-videonya-viral-di-tiktok

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke