BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan KPCPEN
Salin Artikel

Dua Perusahaan di Karawang Mulai Laksanakan Vaksinasi Gotong Royong

"Di Karawang Toyota (Toyota Motor Manufacturing Indonesia) dan Sampoerna," ujar Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Karawang Fadludin Damanhuri kepada Kompas.com di Kantor Kadin Karawang, Kamis (20/5/2021).

Fadludin mengatakan, sampai tahap kedua peminat di Karawang lebih dari 200 perusahaan. Sementara di Jawa Barat mencapai 2.253 perusahaan.

"Kami harapkan November selesai. Dan akhir tahun ini, dengan selesainya vaksinasi di industri, kami harapkan dunia usaha bertumbuh," ujar Fadludin.

Fadludin mengatakan, Kadin membuka tiga tahap pendaftaran. Tahap pertama pada 10-28 Februari 2021. Tahap kedua 10-24 Maret 2021. Lantaran peminat masih tinggi, dibuka tahap ketiga dari 10 April - 21 Mei 2021. Perusahaan rata-rata mendaftarkan hampir separuh jumlah karyawan.

"Yang daftar tahap pertama itu mereka kemungkinan akan segera melaksanakan vaksinasi di Mei dan Juni ini," kata dia.

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) Nomor 10 tahun 2021, kata Fadludin, harga vaksin Sinopharm dipatok Rp 321.660. Sedangkan jasa suntiknya sekitar Rp 117 ribu.

"Jika perusahaan tidak memiliki klinik seperti yang disyaratkan, maka bisa bekerja sama dengan klinik atau rumah sakit swasta yang tidak sedang melaksanakan vaksinasi pemerintah," terangnya.

Akhir tahun dunia usaha bertumbuh

Fadludin menyebut pandemi Covid-19 membuat dunia industri dan perdagangan terseok-seok. Mulai dari sektor otomotif hingga properti.

"Hanya sektor makanan yang lebih baik," kata Fadludin.

Meski sudah lebih pulih dari awal pandemi melanda, menurutnya, produksi dalam perusahaan dan sektor lain belum maksimal. Sebab, perusahaan harus menerapkn jaga jarak dan mengeluarkan biaya penerapan protokol kesehatan. Work from Home (WFH) juga masih dilaksanakan.

"Belum bisa 100 persen efektif," ungkap dia.

Fadludin memprediksi dengan selesainya vaksinasi gotong royong, dunia usaha kembali bertumbuh. Sebab, vaksinasi membangun kepercayaan diri perusahaan. Pun herd imunty karyawan segera terbentuk.

"Sehingga pertumbuhan dunia usaha akan kembali pulih. Minimal 80 persen normal kembali," ungkapnya.


Sementara itu, Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mulai memberikan vaksin Covid-19 kepada karyawan dan keluarganya.

Sebanyak 16.000 karyawan TMMIN beserta keluarga dijadwalkan untuk mendapatkan vaksin covid-19 secara bertahap, dengan 3.000 peserta di tahap pertama.

“Kami berterima-kasih kepada Pemerintah dan Kadin yang telah mengkoordinasikan Program Vaksinasi Gotong Royong ini. Bagi Toyota Indonesia, keselamatan dan kesehatan karyawan dan keluarga merupakan hal yang utama. Karenanya kami berkomitmen melaksanakan vaksinasi Covid-19 kepada seluruh karyawan beserta keluarganya,” ujar Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono dikutip dari keterangan tertulis kepada Kompas.com, Rabu (18/5/2021).

Warih menjelaskan, vaksinasi Gotong Royong menjadi langkah yang penting dalam menanggulangi penyebaran virus Corona. Namun tetap dibarengi dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat dan terus-menerus.

Warih menyebut, protokol kesehatan di TMMIN dibangun dari kesadaran pribadi karyawan dilanjutkan dengan kesadaran keluarga dan lingkungan. Hal ini kemudian mendasari inisiatif TMMIN mendirikan 100 Kampung Siaga Covid-19 (KSC) yang tersebar di wilayah Karawang, Jakarta, Bekasi, Bogor, dan Depok sejak September 2020.

Dalam KSC, kata Warih, karyawan TMMIN yang memiliki komitmen menjadi agen perubahan secara aktif memberikan pemahaman budaya bersih dan gaya hidup sehat dengan melaksanakan kebiasaan baru kepada lingkungan sekitar.

Aktivitas ini diharapkan dapat mendorong pengembangan dan kemandirian masyarakat dalam mengorganisir seluruh sumber daya untuk melawan pandemi Covid-19. Demi mendukung kemandirian Kampung Siaga Covid-19, TMMIN memberikan berbagai sarana dan prasarana seperti alat cuci tangan portable, thermogun, masker, hingga pelatihan edukasi rutin mengenai protokol Covid-19.

“Semoga dengan dimulainya vaksinasi ini dan dengan terus menjalankan protokol kesehatan dan kebiasaan baru, pandemi Covid-19 terutama di area industri manufaktur dapat segera diatasi,” ungkap Warih.

https://regional.kompas.com/read/2021/05/20/165855778/dua-perusahaan-di-karawang-mulai-laksanakan-vaksinasi-gotong-royong

Bagikan artikel ini melalui
Oke