Salin Artikel

Mulai Besok, Lagu "Indonesia Raya" Dikumandangkan di DIY Tiap 10.00 WIB

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X (HB X) mengatakan, pemutaran lagu kebangsaan itu dilakukan untuk meningkatan kesadaran masyarakat soal pentingnya nasionalisme.

"Kita sudah melakukan konsolidasi dengan teman-teman di daerah (kabupaten dan kota), mereka sepakat. Supaya kita punya kesadaran lebih baik," kata HB X di Kompleks Kepatihan, Kota Yogyakarta, Rabu (19/5/2021).

HB X juga ingin melihat reaksi dari masyarakat terkait pemutaran lagu tersebut.

Reaksi masyarakat bakal jadi bahan evaluasi upaya peningkatan nasionalisme warga DIY selanjutnya.

Respons dari pemerintah pusat setelah kegiatan ini berlangsung disebut turut jadi bahan pertimbangan.

"Nanti kita lihat reaksinya apa, Jakarta (pemerintah pusat) kan juga ada reaksinya kita lihat perkembangannya saya tidak bisa memprediksi," kata dia.

Pemutaran lagu "Indonesia Raya" secara rutin ini dinamakan Gerakan Indonesia Raya Bergema yang diinisiasi Forum Rakyat Yogya untuk Indonesia bersama Pemerintah DIY.

Kepala Biro Umum Humas dan Protokol Setda DIY Imam Pratanadi mengatakan, ke depan pemerintah segera mengeluarkan Surat Edaran (SE) Gubernur terkait dengan Indonesia Raya Bergema.


SE tersebut kemudian disampaikan kepada pemerintah kabupaten maupun kota untuk ditindaklanjuti.

"Untuk SE Gubernur, ditujukan kepada bupati wali kota se-DIY, pimpinan kepala perwakilan kantor pusat di DIY, kepala dinas daerah, kepala biro, pimpinan BUMN BUMD, serta pimpinan perusahaan swasta. Sifatnya institusional," kata Imam, Senin (17/5/2021).

Menurut dia, walaupun sifatnya tidak wajib bagi instansi swasta, pemutaran lagu "Indonesia Raya" setiap pukul 10.00 WIB ini memiliki ketentuan resmi.

Ketika lagu "Indonesia Raya" dikumandangkan, para pegawai wajib berdiri tegak dengan sikap hormat.

"Ini ketentuan yang mengharuskan instansi-instansi untuk melaksanakan hal ini utamanya instansi yang di bawah pemerintah DIY. Sedangkan untuk swasta maupun BUMD kami imbau dengan sangat," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2021/05/19/173733978/mulai-besok-lagu-indonesia-raya-dikumandangkan-di-diy-tiap-1000-wib

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke