Salin Artikel

Update Evakuasi KRI Nanggala-402, Ini Bagian Kapal yang Berhasil Diangkat

Setelah dibantu sejumlah negara seperti Singapura, Malaysia, Australia, Amerika Serikat, dan India, kini Indonesia dibantu 3 kapal China dalam operasi evakuasi KRI Nanggala-402.

Sebanyak 3 kapal China itu terdiri dari 2 kapal selam militer, yakni Yongxingdao-863 dan Nantuo 195, serta 1 kapal selam milik Akademi Ilmu Pengetahuan China, Tan Suo-2.

Panglima Komando Armada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto mengatakan, setelah dilaksanakan identifikasi, bagian dari KRI Nanggala-402 yang telah ditemukan yakni posisi dari bow section atau haluan, sail section atau anjungan dan stern section atau buritan.

Namun, bagian yang sudah ditemukan itu tak semua berhasil diangkat.

Kapal milik China Tan Suo-2 hanya berhasil mengangkat bagian liferaft kapal.

"Tan Suo-2 sudah mengangkat bagian dari liferaft KRI Nanggala-402, sudah kami simpan dengan baik sebagai bukti bahwa kapal dari negara sahabat kita dari Tiongkok sudah melakukan tugasnya," kata Iwan dalam dalam konferensi pers di Lanal Bali yang disiarkan langsung di YouTube TNI AL, Selasa (18/5/2021).

Iwan melanjutkan, bagian besar seperti tool section, stres section, hingga sail section atau anjungan hingga saat ini belum bisa terangkat.

"Sudah beberapa kali Tan Suo-2 mencoba melakukan pengangkatan sail atau anjungan. Mereka memperkirakan bahwa beratnya anjungan lebih kurang 18 ton. Diangkat dengan menggunakan slink ternyata tidak mampu, putus, sehingga mereka mengkalkulasi ulang," kata Iwan.

Sementara untuk lokasi badan kapal KRI Nanggala-402, sejauh ini juga belum bisa dipastikan.

"Secara pasti belum dapat digambarkan," tutur Iwan.

https://regional.kompas.com/read/2021/05/18/123116478/update-evakuasi-kri-nanggala-402-ini-bagian-kapal-yang-berhasil-diangkat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke