Salin Artikel

Pendaftaran dan Pembayaran Uji Kir di Banyuwangi Semuanya Online, Ini Caranya

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Seluruh proses pembayaran dan pendaftaran uji kir kendaraan di Banyuwangi, Jawa Timur, kini sepenuhnya dilakukan secara online.

Digitalisasi pelayanan publik di Banyuwangi ini dinamakan Bayu Arum (bayar dan daftar uji kir dari rumah).

Program ini diluncurkan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani di UPT Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dinas Perhubungan, Senin (10/5/2021).

“Kami terus mendorong seluruh dinas untuk bisa menelurkan inovasi yang mempermudah pelayanan publik. Seperti Bayu Arum ini, kami mengapresiasi karena bisa memperpendek waktu pengurusan uji KIR. Warga tidak perlu antri lama,” kata Ipuk, dalam keterangan tertulis, Senin.

Ia menuturkan, Bayu Arum memberikan layanan pendaftaran dan pembayaran uji kir secara online.

Pemohon yang dulu harus mendaftar ke loket UPT PKB, sekarang cukup melakukan pendaftaran dan pembayaran secara non-tunai melalui link sipk.banyuwangikab.go.id.

“Di tengah pandemi, Bayu Arum menjadi salah satu solusi untuk mengurangi risiko penularan Covid-19. Karena sudah berbasis online, masyarakat tidak perlu lagi mengantre maupun melakukan kontak langsung saat pembayaran sehingga lebih praktis dan aman,” kata dia.

Ia berharap, ke depan setiap OPD bisa terus berinovasi, salah satunya dengan peka mendengarkan aspirasi dari warga.

“Jangan hanya melakukan rutinitas yang biasa-biasa saja, namun buatlah sesuatu yang out of the box. Semua dinas harus jadi agen inovasi,” harap Ipuk.


Plt Kepala Dinas Perhubungan Banyuwangi Dwi Yanto menuturkan, pendaftaran uji kir online ini sudah bisa dilakukan sejak 20 April 2021.

Setelah pendaftaran teregristrasi melalui link, pemohon dapat langsung membayar biaya uji kir melalui semua aplikasi e-Wallet dan m-Banking di semua rekening bank.

Setelah itu, bukti pembayaran langsung ditampilkan di ponsel masing-masing.

“Sekarang sudah murni online. Kami tidak lagi membuka loket untuk pembayaran tunai,” kata Dwi.

Dengan program ini, kata Dwi, pengurusan pengujian kir kendaraan bermotor kini bisa lebih menghemat waktu.

“Bahkan hari dan tanggal pengujian kir bisa langsung dipilih di aplikasinya. Sehingga pemohon tinggal datang sesuai jadwal yang ia pilih saat mendaftar. Jadi benar-benar lebih praktis, mudah, dan cepat,” kata Dwi.

Layanan ini pun disambut positif oleh para pemilik kendaraan. Salah satunya, Nicky Garadika yang saat itu ingin mendaftar untuk pengujian kir untuk mobil boks miliknya.

“Saya sudah mencobanya, dipandu petugas. Gampang, enggak ribet, tanpa antre. Pembayaran jadi lebih mudah dan praktis,” kata Nicky.

https://regional.kompas.com/read/2021/05/10/163623978/pendaftaran-dan-pembayaran-uji-kir-di-banyuwangi-semuanya-online-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke