Salin Artikel

503 PMI Telah Pulang ke Blitar, 9 Positif Covid-19

Dari jumlah tersebut, setidaknya 9 orang terkonfirmasi positif Covid-19 melalui pengetesan yang dilakukan Satgas Covid-19 Kabupaten Blitar.

"Bagi yang bergejala ringan, tinggal di rumah karantina di Gedung LEC di Kecamatan Garum," ujar juru bicara Satgas Covid-19 Eko Wahyudi saat dihubungi Kompas.com, Senin (10/5/2021).

Namun, Eko enggan memerinci detail kondisi kesehatan sembilan PMI yang positif Covid-19 tersebut, termasuk apakah semua bergejala ringan.

Enam orang pulang sebelum 30 April

Eko mengatakan, dari sembilan PMI yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu, enam di antaranya adalah PMI yang tiba di wilayah Indonesia sebelum tanggal 30 April.

Setelah 30 April, ujarnya, kepulangan PMI dikoordinasikan mulai pada level provinsi hingga tingkat kabupaten dan kota.

Sehingga, setiap PMI terlebih dulu menjalani skrining Covid-19 di Surabaya.

"Nah, enam yang positif ini pulang sebelum 30 April, dan setelah kita upayakan pelacakan keberadaan mereka, kita tes, enam orang positif Covid-19," jelas Eko.

Menurut Eko, tiga di antara pekerja migran positif Covid-19 tersebut baru pulang dari Singapura, satu orang dari Taiwan, satu orang dari Saudi Arabia dan satu orang belum diketahui negara asal tempatnya bekerja.

Setelah periode 30 April, ujarnya, Satgas Covid-19 menemukan lagi tiga orang PMI asal Kabupaten Blitar yang positif Covid-19.

Dua di antaranya, ujar Eko, baru pulang dari Hongkong dan satu orang dari Singapura.

Bahkan satu di antara ketiga PMI tersebut, ujar Eko, sebenarnya sudah lolos skrining Covid-19 di Bandara Juanda Surabaya namun pada hari terakhir masa karantina di Kabupaten Blitar pengetesan Covid-19 menunjukkan dirinya terkonfirmasi positif.

"Untuk kasus yang lolos dari skrining di Surabaya, kemungkinannya berkaitan dengan masa inkubasi virus di tahap awal sehingga baru terdeteksi beberapa hari kemudian di sini," jelas Eko.

Untuk kasus seperti itu, lanjutnya, PMI tersebut harus melanjutkan karantina hingga 14 hari terhitung sejak karantina hari ke-1 di Surabaya.

Eko mengatakan, hingga Minggu (9/5/2021), jumlah PMI yang pulang ke Kabupaten Blitar terhitung sejak 30 April sebanyak 241 orang.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Blitar Haris Susianto mengatakan, sejak awal April hingga Minggu kemarin telah tercatat 496 orang PMI yang pulang ke wilayah Kabupaten Blitar.

PMI yang pulang ke wilayah Kota Blitar, berdasarkan pantauan Satgas Covid-19, sebanyak 7 orang.

Eko membenarkan, bahwa selisih antara 496 orang dan 241 orang adalah PMI yang terlanjur pulang ke rumah masing-masing di wilayah Kabupaten Blitar tanpa melalui skrining Covid-19.

Jumlah mereka adalah 496 orang dikurangi 241 orang, yaitu 255 orang.

"Upaya melakukan pengetesan Covid-19 terhadap mereka yang terlanjur pulang sudah dilakukan," ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/05/10/121648978/503-pmi-telah-pulang-ke-blitar-9-positif-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke