Salin Artikel

Mudik dari Jakarta Naik Bus, Pemudik Asal Tegal Positif Tes Antigen, Ini Akibatnya

KOMPAS.com - Setelah mudik dari Jakarta, CG (36), warga Kampung Sumurpanggang, Tegal, Jawa Tengah, dinyatakan positif antigen. 

Keinginannya untuk merayakan lebaran bersama keluarga pun batal. CG terpaksa jalani isolasi selama 10 hari di Rusunawa Tegalsari. 

"Dia pulang mudik dari Jakarta bersama teman-temannya pakai bus kurang lebih ada 20 orang," kata Kepala Puskesmas Sumurpanggang dr. Wahidin saat dihubungi, Kamis (6/5/2021).

Sempat menolak

Wahidin menjelaskan, CG sempat menolak untuk diminta jalani isolasi. Namun, setelah diberi penjelasan petugas, CG akhirnya pasrah untuk merayakan Idul Fitri di Rusunawa Tegalsari.

Apalagi, istri CG juga membantu membujuk suaminya untuk menuruti perkataan petugas medis.


"Awalnya menolak. Namun kita yakinkan demi keamanan bersama dan agar tidak terjadi klaster keluarga. Kami mohon kesadarannya untuk mau diisolasi di Rusunawa," kata Wahidin.

Dari keterangan Wahidin, setelah dinyatakan positif antigen, CG akan langsung menjalani pemeriksaan swab polymerase chain reaction (PCR).

"Sesuai panduan bila tidak ada gejala isolasi hanya 10 hari. Bila ada gejala ringan ditambah 4 hari lagi," kata Wahidin.

(Penulis: Kontributor Tegal, Tresno Setiadi | Editor: Dony Aprian)

https://regional.kompas.com/read/2021/05/07/151417478/mudik-dari-jakarta-naik-bus-pemudik-asal-tegal-positif-tes-antigen-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke