Salin Artikel

Cerita Pemudik Warga Tangerang Diputar Balik di Maja Banten, Awalnya Tak Percaya Ada Penyekatan

Sebagian besar dari mereka, berniat untuk pulang kampung namun tidak tahu jika ada larangan mudik dari wilayah Aglomerasi Jabodetabek ke wilayah Banten.

Ada juga dari mereka yang tidak percaya jika mudik benar-benar dilarang.

Pos sekat Adiyasa-Maja berada di Kecamatan Solear diperbatasan antara Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Lebak - Serang.

Saat sesi pertama penyekatan, setidaknya 15 kendaraan pemudik dipaksa putar balik.

Tak percaya sesama wilayah Banten dilarang mudik

Satu pemudik yang diputar balik adalah Imron, dia hendak pulang ke Kecamatan Kopo, Kabupaten Serang. Dia mudik lantaran sudah libur kerja. Dia berangkat dari Cikupa.

Dia yang mengemudikan sepeda motor diberhentikan oleh petugas lantaran membawa banyak barang seperti kardus dan tas besar.

"Pernah dengar kalau dilarang dari Tangerang, saya kira tidak betul infonya karena kan sesama Banten, memang lagi gak beruntung," kata Imron kepada Kompas.com di pos sekat Adiyasa-Maja, Kamis.

Imron terpaksa harus putar balik dengan diawasi oleh petugas, padahal dari pos sekat ke rumahnya tinggal beberapa kilometer lagi.

Dari Tangerang Raya tak boleh ke Lebak, Serang, Cilegon dan Pandeglang

Kapolsek Cisoka, AKP Nur Rokhman mengatakan, pos sekat Adiyasa-Maja sudah mulai aktif sejak pukul 00.00 dini hari tadi.

Hingga Kamis siang operasi penyekatan, kata dia, setidaknya sudah sekitar 15 kendaraan yang diputar balik. Terdiri dari 11 kendaraan roda empat  dan 4 kendaraan roda dua.

"Kalau pemudik secara kasat mata saja ketahuan membawa barang bawaan banyak, itu dicurigai, ternyata benar kita cek KTP-nya akan mudik ke wilayah di Banten," kata dia.

Kata Nur Rokhman mereka yang kena putar balik rata-rata mengaku tidak tahu jika ada aturan larangan mudik antara Kabupaten Tangerang ke wilayah lain di Banten.

Diketahui berdasarkan aturan dari Pemerintah Pusat, Kabupaten Tangerang masuk ke wilayah Aglomerasi Jabodetabek sehingga tidak boleh ada aktivitas mudik ke wilayah Banten lainnya seperti ke Lebak, Serang, Cilegon dan Pandeglang.

https://regional.kompas.com/read/2021/05/07/075537378/cerita-pemudik-warga-tangerang-diputar-balik-di-maja-banten-awalnya-tak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke