Salin Artikel

Pantauan Hari Pertama Penyekatan Mudik Lebaran di Pintu Tol Keramasan

Pantauan Kompas.com di lapangan dari pukul 11.00 hingga 13.00 WIB, Kamis (6/5/2021), pos penyekatan yang ada di pintu Tol Keramasan Palembang-Kayuagung nampak lengang. Tak ada petugas yang melakukan pemeriksaan untuk pengendara yang memasuki kawasan Palembang.

Di dalam pos penyekatan pintu tol, petugas polisi dan BPBD hanya terlihat duduk di bawah tenda. Padahal, beberapa mobil pelat dari luar Sumatera Selatan, seperti Lampung, Serang, Jakarta dan Blitar keluar masuk tol.

Alhasil, seluruh kendaraan itu lewat tanpa pemeriksaan dari petugas tol, polisi maupun BPBD yang ada di sana.

Hal yang sama juga terpantau di pintu tol Palembang- Ogan Ilir. Petugas pemeriksaan tak terlihat untuk melakukan pemeriksaan terhadap mobil dari luar Sumatera Selatan.

Pintu tol nampak lengang hingga seluruh kendaraan bisa lalu lalang tanpa diperiksa.

Kemudian, hal yang sama di lokasi penyekatan di perbatasan Palembang - Banyuasin, tepatnya kawasan Jakabaring.

Kendaraan roda empat yang hendak masuk ke Palembang memutar di depan gedung Dekranasda.

Di sana, pos penyekatan tak melakukan pemeriksaan apapun terhadap para pengendara.

Klarifikasi Kapolres Ogan Ilir

Terkait hal itu, Kapolres Ogan Ilir AKBP Yusantiyo Sandhy menjelaskan, pada 6 Mei atau hari pertama dimulai penyekatan di Pospol Penyekatan Keramasan, personel polisi dibantu dari personel TNI, Dinas Perhubungan, BPBD, dan dari organisasi masyarakat sejak pukul 00.00 WIB sudah melaksanakan pencegahan dan penyekatan.


Bahkan, tambah Yusantiyo, pada tanggal itu ada kunjungan Kapolda bersama Karo Ops dan Dirlantas Polda Sumsel luntuk melakukan pemeriksaan dan peninjauan ke Ogan Ilir.

Yusantiyo mengatakan, jika yang ditulis tersebut memang sesuai data dan fakta, kemungkinan itu terjadi pada saat pergantian shift, di mana petugas pengganti belum datang, tapi petugas lama sudah meninggalkan lokasi.

"Namun, hal tersebut sudah kita lakukan Anev dan antisipasi ke personel supaya pada saat penggantian shift langsung di jalan dan terkait istirahat tetap di tenda-tenda yang disiapkan. Personel juga sudah saya perintahkan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya" kata Yusantiyo saat dikonfirmasi, Sabtu (8/5/2021).

Yusantiyo juga menyayangkan di pemberitaan bahwa yang diambil hanya pada jam-jam tertentu saja, tidak secara keseluruhan.

"Jika secara keseluruhan pasti akan terlihat siapa berbuat apa, kedinasan bagaimana akan terlihat," ujar Yusantiyo.

https://regional.kompas.com/read/2021/05/06/164737478/pantauan-hari-pertama-penyekatan-mudik-lebaran-di-pintu-tol-keramasan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke