Salin Artikel

Hampir Rampung, Pembangunan Venue PON XX di Mimika Sudah 90 Persen

KOMPAS.com – Proses persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di Kabupaten Mimika sudah hampir rampung.

Pasalnya, pembangunan venue dari 12 cabang olahraga yang dilombakan di Mimika hampir seluruhnya selesai dibangun.

Ketua Harian Panitia Besar (PB) PON Yunus Wonda mengatakan, pihaknya telah mengunjungi semua venue untuk memastikan proses pembangunan.

“Sebagian besar venue, baik yang melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Mimika, APBD Papua, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), sudah 90 rampung. Tinggal sepuluh persen, yaitu berbagai perlengkapan,” jelasnya.

Yunus menerangkan, saat ini, hanya cabang olahraga aeromodelling yang pembangunannya belum selesai.

“Cabang aeromodelling ini butuh banyak hal untuk dipersiapkan,” ujar Yunus melalui keterangan tertulisnya, Kamis (6/5/2021).

Meski demikian, ia memastikan kesiapan venue aeromodelling akan selesai pada akhir Juli 2021.

“PB PON Papua juga tengah menyiapkan kesiapan akomodasi di Kota Timika yang telah memadai untuk seluruh kontingen yang akan datang,” imbuhnya.

Selain itu, sebut dia, pihaknya juga telah mencocokkan kesiapan panitia lokal terkait akomodasi, konsumsi, dan kelengkapan.

“Kita ingin memastikan semua beres, agar Juli nanti kita bisa lakukan tahapan lain dan pada akhir Juli bisa tes event,” ungkapnya.

Terkait pendelegasian kewenangan pelaksanaan PON, Yunus memastikan bahwa PB PON akan segera menyampaikan hal ini kepada Sub PB PON.

“Kami ingin menyatukan persepsi antara PB PON dengan Sub PB PON. Apa yang dikerjakan harus jadi satu. Kami lihat di Mimika sudah siap, sehingga akan segera mendelegasikan kewenangan kepada Sub PB PON,” paparnya.

Sebagai informasi, pelaksanaan PON XX Papua direncanakan akan berlangsung pada 2-15 Oktober 2021.

Akan ada 37 cabang olahraga yang dilombakan, dengan penyebaran venue di empat daerah, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika, dan Merauke.

Terdapat 12 cabang olahraga yang diselenggarakan di Kabupaten Mimika, yakni aeromodelling, terbang layang, terjun payung, atletik, bola basket 5x5, bola basket 3x3, panjat tebing, biliar, bola tangan, futsal, judo, dan tarung drajat.

https://regional.kompas.com/read/2021/05/06/16123911/hampir-rampung-pembangunan-venue-pon-xx-di-mimika-sudah-90-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke