Salin Artikel

Kasus Varian Baru Covid-19 Afrika Selatan dan Inggris Ditemukan di Bali, Ini Pesan Gubernur

Bahkan masuknya varian baru dari Afrika Selatan tersebut menyebabkan satu orang warga Badung, Bali meninggal dunia.

Imbauan gubernur

Menerapkan protokol kesehatan menjadi kunci untuk menekan laju penyebaran Covid-19, termasuk mencegah meluasnya jenis varian baru Covid-19 yang sudah menjangkiti dua orang warga Bali.

"Jadi harus selalu berhati-hati, dan penuh kewaspadan dalam setiap penyelenggaraan kegiatan pemerintahan, adat, agama, seni, budaya, dan sosial serta kegiatan kemasyarakatan lainnya," kata Koster dalam keterangan tertulis, Selasa (4/5/2021).

Menurut Koster, masyarakat juga harus senantiasa disiplin menerapkan pola hidup sehat dan bebas Covid-19 dengan 6M yaitu, memakai masker standar dengan benar, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi bepergian, meningkatkan imun tubuh dan mentaati aturan.

"Salah satu aturan yang harus ditaati adalah pelaksanakan Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 07 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Desa/Kelurahan Dalam Tatanan Kehidupan Era Baru Di Provinsi Bali," kata dia.

Ia juga mendorong Kepada Bupati/Walikota, Camat, Kepala Desa/Lurah, dan Bandesa Adat se-Bali agar terus mendorong masyarakat luas untuk bersama-sama bergotong-royong untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Secara khusus varian baru virus Covid-19," jelasnya.

Sebelumnya, Koster mengumumkan bahwa dua kasus varian baru telah ditemukan di Bali.

Penemuan dua varian itu juga telah diinformasikan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

"Saya telah mendapat informasi langsung dari Bapak Menteri Kesehatan Republik Indonesia, pada tanggal 3 Mei 2021, bahwa telah ditemukan 2 orang positif Covid-19 yang terinfeksi varian baru mutasi virus Covid-19. Satu orang mengalami positif akibat penularan varian baru dari Afrika Selatan dengan kode B.1.351; sedangkan satu orang positif akibat penularan varian baru dari Inggris dengan kode B.1.1.7," ujar dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/05/04/151625378/kasus-varian-baru-covid-19-afrika-selatan-dan-inggris-ditemukan-di-bali-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke