Salin Artikel

Warga Bali yang Terjangkit Mutasi Covid-19 Varian Afrika Selatan Meninggal Dunia

Warga yang terjangkit varian mutasi virus Covid-19 Afrika Selatan dinyatakan meninggal dunia.

Gubernur Bali, Wayan Koster menjelaskan, kasus temuan mutasi Covid-19 itu tak hanya menjangkiti satu orang, melainkan dua orang.

Masing-masing terkonfirmasi terinfeksi dengan jenis varian Covid-19 yang berbeda.

"Satu orang mengalami positif akibat penularan varian baru dari Afrika Selatan dengan kode B.1.351, sedangkan satu orang positif akibat penularan varian baru dari Inggris dengan kode B.1.1.7," kata Koster dalam keterangan tertulis, Selasa (4/5/2021).

Warga terjangkit mutasi Covid-19 dari Afrika Selatan meninggal

"Satu orang yang positif Covid-19 dengan varian baru dari Afrika Selatan, telah dinyatakan meninggal di RS Sanglah, berasal dari Kabupaten Badung. Korban memang belum mengikuti program vaksinasi," jelasnya.

Sedangkan, satu orang lainnya yang terpapar Covid-19 asal Inggris dengan kode B.1.1.7 dinyatakan telah sembuh. Pasien berasal dari Kota Denpasar, Bali dan telah mengikuti program vaksinasi.

"Pasien berasal dari Kota Denpasar, Bali dan telah mengikuti program vaksinasi," katanya.

Ditemukannya dua varian baru mutasi Covid-19 di Bali itu diketahui setelah beberapa sampel dari orang positif COVID-19 di RS Sanglah Denpasar dilakukan pengujian oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Langkah berikutnya, kata dia, Dinas Kesehatan Provinsi Bali akan melakukan tracing kontak untuk mendeteksi lebih luas penularan virus tersebut.

"Dinas Kesehatan Provinsi Bali sedang melakukan penyelidikan epidemiologi terhadap sejumlah orang yang melakukan kontak erat dengan korban sehingga akan diketahui potensi resiko penyebarannya secara detail dan lengkap," tuturnya.

Koster juga mendorong masyarakat untuk tetap tertib dan disiplin menerapkan pola hidup sehat dan bebas Covid-19 dengan 6M.

Yaitu, memakai masker standar dengan benar, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi bepergian, meningkatkan imun tubuh, dan mentaati aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Menkes umumkan varian Covid-19 dari Afrika Selatan ditemukan di Bali

Sebelumnya, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengumumkan, ada satu kasus Covid-19 yang diakibatkan penularan varian dari Afrika Selatan.

Adapun kasus tersebut ditemukan di Bali.

"Satu insiden dari Afrika Selatan itu ada di Bali," ujar Menkes kepada Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas penanganan Covid-19 di Istana Kepresidenan, Senin (3/5/2021).

https://regional.kompas.com/read/2021/05/04/144945078/warga-bali-yang-terjangkit-mutasi-covid-19-varian-afrika-selatan-meninggal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke