Salin Artikel

Sampaikan Bantuan Rp 1 M untuk Korban Badai Seroja, Ridwan Kamil: Warga Jabar Sangat Mencintai NTT

Pria yang akrab disapa Emil itu menyapa warga terdampak longsor di pengungsian Kampung Amanuban, Kelurahan/Kecamatan Oebofu, Kota Kupang. Pengungsi merupakan korban badai siklon tropis Seroja yang terjadi beberapa waktu lalu.

Emil juga sempat menyusuri sejumlah titik terdampak banjir dan longsor akibat badai tersebut. Dari mulai jalan yang retak dan rusak berat, rumah dan bangunan yang runtuh, tempat pengungsian, sampai sekolah darurat.

Usai berinteraksi dengan warga, Emil mengatakan kedatangannya ke Kupang untuk menunjukkan solidaritas sebagai sesama anak bangsa kepada korban bencana NTT.

"Hari ini kami bawa bantuan sebesar Rp 1 miliar. Kalau kurang nanti kita koordinasi (mencari tambahan). Siapa yang keadaannya lebih baik tentu membantu mereka yang sedang berkesusahan," kata Emil dalam keterangan tertulisnya, Minggu (2/5/2021).

Menurutnya, masyarakat Jabar turut bersedih atas musibah yang terjadi di NTT. Ia berharap, bantuan yang diberikan dapat meringankan beban dan membawa sedikit kebahagiaan korban longsor terutama di bulan Ramdan ini.

"Saya terbang jauh dari Bandung ingin menitipkan amanat dari rakyat Jabar. Karena kami sangat mencintai NTT. Jadi pada saat mendengar ada kebencanaan kami juga sangat sedih," ungkapnya.

Jabar bantu cetak hafiz dan beli 1.000 Sapi

Usai meninjau korban bencana, Emil bertemu Ketua MUI Provinsi NTT Abdul Kadir Makarim, untuk menjalin kerja sama mencetak para penghafal Al Quran atau haifidz.

"MUI minta anak-anak muslim di NTT yang belajar hafidz Qur'an bisa ditampung (di Jabar). Saya kira ada programnya, beasiswanya juga ada. Kami akan berikan kemudahan untuk pendidikan (anak NTT)," katanya.

Untuk membantu ekonomi NTT, Pemprov Jabar akan membeli 1.000 ekor sapi NTT untuk masyarakat Jabar.

"Kemudian kami juga membeli ekonomi NTT, ada seribu sapi sedang kita beli, karena orang Jabar senang makan daging, jadi ada kerja sama itu," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/05/03/065848878/sampaikan-bantuan-rp-1-m-untuk-korban-badai-seroja-ridwan-kamil-warga-jabar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke