Salin Artikel

75 Anak Muda Dilatih Menjadi Konten Kreator Bantu UMKM Bersaing di Pasar Digital

"Target kita 50-75 orang kalangan milenial yang disiapkan, dilatih jadi konten kreator sehingga ke depan bisa membantu UMKM," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sikka Kensius Didimus ketika dihubungi dari Kupang, dikutip dari Antara, Kamis (29/4/2021).

Ia mengatakan, hal itu berkaitan dengan strategi Pemkab Sikka untuk mengembangkan sektor UMKM menuju pemasaran secara digital.

Kensius mengatakan, dalam upaya menuju pemasaran digital, penguasaan teknologi hingga sajian materi untuk promosi sangat penting agar produk-produk UMKM dapat bersaing.

Untuk itu, pemkab berinisiatif memberdayakan kalangan muda yang lebih akrab dan mahir dengan teknologi digital agar membantu promosi dan pemasaran produk UMKM.

"Mereka ini (para content creator) yang nantinya bisa memfasilitasi para ibu-ibu yang tergabung dalam UMKM yang tidak menguasai teknologi informasi digital," katanya.

Para konten kreator dia akan membantu UMKM untuk merancang materi produk secara baik, hingga promosi dan penjualan agar bisa bersaing di pasar digital.

Pemberdayaan konten kreator juga untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI), di mana Sikka sebagai tuan rumah kegiatan Road to Kilau Digital Permata Flobamora yang akan berlangsung pada 30 April hingga 1 Mei 2021.

Gerakan ini, lanjut dia sejalan dengan salah satu program unggulan Pemkab Sikka saat ini yakni "Bela Beli Sikka" yang pada prinspinya terkait keberpihakan terhadap produk lokal dengan memberdayakan atau mengonsumsi.

"Oleh karena itu Pemkab Sikka menyambut kegiatan ini dengan senang hati. Kita berharap dengan dukungan berbagai upaya yang dipersiapkan ke depan, produk-produk UMKM di Sikka bisa bersaing di pasar digital," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2021/04/29/233042378/75-anak-muda-dilatih-menjadi-konten-kreator-bantu-umkm-bersaing-di-pasar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke