Salin Artikel

2 Senjata Api Laras Panjang dan Pistol Ditemukan Dalam Rumah Kosong

SURABAYA, KOMPAS.com - Anggota Koramil Sukolilo Surabaya menemukan dua pucuk senjata api jenis laras panjang dan pistol lengkap dengan amunisi.

Komandan Koramil (Danramil) Sukolilo Surabaya Mayor Infanteri Supriyo Triwahono mengatakan, senjata yang masih aktif itu ditemukan personel TNI dari rumah kosong atas laporan dari kerabat pemilik senjata api.

Pemilik senjata api itu merupakan anggota TNI Angkatan Darat yang sudah lama meninggal dunia.

"Rumah tersebut milik purnawirawan TNI yang sudah meninggal dunia," kata Supriyo, kepada wartawan, Senin (26/4/2021).

Ia menuturkan, dua pucuk senjata api yang ditemukan itu berjenis MG-FMP laras panjang beserta empat butir amunisi jenis G-3 F-M-P kaliber 7,56 serta pistol jenis P-8 beserta sarung pistol kulit dan 54 butir amunisi kaliber 9,9 mm.

Dua pucuk senjata api ini masih aktif dan sempat digunakan untuk tugas kemiliteran.

Menurut dia, dua pucuk senjata api yang masih aktif yang ditemukan dalam kondisi berkarat pertama kali ditemukan Anita Wahida.

Anita sedang membersihkan rumah kosong di komplek perumahan Manyar Indah, Sukolilo, Surabaya.


"Kami berterima kasih kepada keluarga dan ahli waris karena sudah memberi tahu dan menyerahkan senjata itu pada kami," kata dia.

Agar tidak disalahgunakan orang tidak dikenal, dua pucuk senjata api tersebut telah diserahkan ke Makoramil Sukolilo Surabaya dan diamankan.

Selanjutnya, dua pucuk senjata api ini akan diserahkan ke Makodim Surabaya Timur untuk selanjutnya diserahkan ke Makodam V Brawijaya sesuai dengan SOP dan dijadikan barang bukti serta sebagai catatan kepemilikan senjata api anggota TNI yang pernah bertugas.

"Senjata api ini nanti kami kirim ke kodim, nanti kami lapor ke dandim lengkap dengan administrasinya," ujar dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/04/26/220741578/2-senjata-api-laras-panjang-dan-pistol-ditemukan-dalam-rumah-kosong

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke