Salin Artikel

11 Napi Wanita dan 1 Pegawai di Lapas Jember Positif Covid-19, Mayoritas Tanpa Gejala

Kepala Lapas Kelas Kelas II A Jember Yandi Suyandi mengatakan, awalnya terdapat seorang narapidana wanita yang mengalami gejala sesak napas.

Narapidana itu dibawa ke Rumah Sakit (RS) dr Soebandi dan dinyatakan positif Covid-19 oleh tim medis.

Setelah temuan itu, 36 orang di Lapas Kelas II A Jember menjalani tes swab pada 21 April. Puluhan orang itu terdiri dari lima pegawai dan 31 narapidana wanita.

“Hasilnya yang positif sepuluh wanita, pegawai satu. Tapi semua tanpa gejala,” Kata Yandi kepada Kompas.com via telepon, Senin (26/4/2021).

Selain itu, ada seorang narapidana pria yang bertugas sebagai kader kesehatan lapas, juga positif Covid-19.

Untuk mencegah penularan, pihak lapas tidak mengizinkan kunjungan keluarga narapidana. Selain itu, warga binaan yang positif Covid-19 diisolasi di tempat yang sudah disediakan di dalam lapas.

Selain itu, pengelola juga memperketat penegakan protokol kesehatan di lingkungan lapas. Seperti memakai masker, rajin cuci tangan serta menambahkan vitamin bagi warga binaan.

Terpisah, Bupati Jember Hendy Siswanto menduga kasus Covid-19 yang terjadi di Lapas menjadi persoalan baru di Jember. Sebab, Jember sudah menuju zona hijau Covid-19.

“Saya ingatkan warga agar tidak lengah, karena tidak tau di mana letaknya Covid-19 itu,” ucap dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/04/26/112030378/11-napi-wanita-dan-1-pegawai-di-lapas-jember-positif-covid-19-mayoritas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke