Salin Artikel

Pemuda di Magelang Tewas Kena Ledakan Bahan Mercon yang Diraciknya

MAGELANG, KOMPAS.com - Seorang pemuda, Elen Putra Ramadhan (21), tewas mengenaskan karena terkena ledakan bahan petasan atau mercon yang sedang diraciknya. Elen mengalami luka bakar serius di seluruh tubuhnya.

Peristiwa itu terjadi di rumah kerabat korban di Lingkungan Pasar Anyar, Desa Sumberejo, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Kamis (22/4/2021) sekitar pukul 01.30 WIB. 

Kepala Satuan Reskrim Polres Magelang AKP M Alfan menjelaskan, berdasarkan informasi dari masyarakat pada saat itu terdengar ledakan sangat keras di rumah itu. Polisi segera datang dan mendapati rumah tersebut sudah rusak.

Di dalam rumah itu, ada dua korban tergeletak mengalami luka bakar di sekujur tubuhnya. Selain Elen, ada korban yang merupakan kerabat Elen bernama Teddy (21), warga Desa Treko, Kecamatan Mungkid. 

"Setelah menerima informasi dari masyarakat kami datangi lokasi dan mengevakuasi korban. Korban ada dua, satu saudara Elen, yang kedua saudara Teddy. Untuk satu korban meninggal dunia di rumah sakit di RSU Tidar,” kata Alfan ditemui di lokasi kejadian, Kamis (22/4/2021).

Korban Teddy saat ini masih dirawat di RSUD Tidar Kota Magelag karena mengalami luka bakar mencapai 30 persen.

Berdasarkan keterangan para saksi, lanjut Alfan, korban memang sudah kerap meracik mercon untuk digunakan pribadi, bukan untuk dijual, setiap menjelang Lebaran.

“Keterangan dari keluarga, untuk korban yang meninggal ini, tahun lalu juga sudah membuat bahan mercon dijadikan petasan untuk konsumsi sendiri, jadi setiap bulan puasa sering membuat mercon,” tuturnya.

Salah seorang saksi di lokasi kejadian, Yanti menceritakan, saat kejadian mendengar sudara ledakan sangat keras. Kaca rumahnya yang berada tidak jauh dari lokasi sampai bergetar.

“Kaca rumah sampai bergetar. ‘Saya kira kayak Merapi mbledos (meletus)’. Saya takut,” kata Yanti.

Ia keluar rumah lalu melihat arah ledakan. Ketika itu terlihat kepulan asap hitam membumbung dari rumah tersebut. 

https://regional.kompas.com/read/2021/04/22/180019878/pemuda-di-magelang-tewas-kena-ledakan-bahan-mercon-yang-diraciknya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke