Salin Artikel

Positif Covid-19, Sebagian Warga Desa di Kerinci Isolasi Mandiri di Ladang, Ini Alasannya

KOMPAS.com - Sebanyak 32 orang di Desa Pungut Ilir, Kecamatan Air Hangat Timur, Kabupaten Kerinci, Jambi, positif Covid-19.

Penjabat sementara Sekretaris Daerah Kerinci Asraf menjelaskan, para warga yang terpapar virus corona menjalani isolasi mandiri di rumah. Mereka akan terus dipantau ketat oleh tenaga kesehatan.

Namun, ada juga yang memilih melakukan isolasi mandiri di ladang karena takut menularkan virus ke keluarga yang lebih rentan.

"Banyak yang pergi ke ladang untuk isolasi mandiri. Mereka sendiri di sana, dan akan pulang setelah 14 hari," beber Asraf saat dihubungi Kompas.com, Kamis (22/4/2021).

Para warga yang menjalani isolasi mandiri di ladang juga akan terus diperiksa oleh petugas kesehatan. Kondisi mereka bakal dilaporkan secara berkala.

Awal mula warga desa yang berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) ini terpapar Covid-19 diduga dimulai saat melangsungkan pemakaman tanpa protokol kesehatan.

Saat itu, mereka menguburkan jenazah yang diduga positif Covid-19.

Setelahnya, sebanyak 62 orang menjalani tes swab. Dari hasil tes diketahui, setengah warga desa ternyata positif Covid-19.

Sebagian yang positif masuk dalam kategori lanjut usia dan anak-anak.

Seluruh masyarakat desa ini memang belum pernah menerima vaksin.

Pascakasus ini, terdapat puluhan orang lagi yang dites antigen. Hasilnya menunjukkan negatif.

Akibat adanya kasus penularan ini, akses masuk ke Desa Pungut Ilir ditutup selama 14 hari.

Penutupan berlangsung dari 19 April hingga 2 Mei 2021.

Asraf mengatakan, Desa Pungut Ilir hanya memiliki satu akses jalan.

"Akses jalan menuju desa cuma satu. Letaknya juga sedikit terisolasi karena dalam TNKS. Ini membuat kerja Satgas Covid-19 lebih mudah," ujar dia.

Pemerintah setempat juga menetapkan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

"Kita lakukan PPKM selama 14 hari agar kasus tidak semakin meluas," ucapnya.

Asraf menuturkan, Satgas Covid-19 Kabupaten Kerinci kemudian mendirikan posko penjagaan dan pelayanan kesehatan, serta penyemprotan disinfektan.

Satgas juga telah mengumpulkan warga dari tiga desa tetangga, yakni Pungut Mudik, Pungut Tengah dan Pungut Ilir. Tiga desa ini memiliki jarak yang berdekatan dengan Pungut Ilir.

"Kita kumpulkan mereka di gedung serba guna Desa Pungut Tengah untuk sosialasi akan ada PPKM selama 14 hari," terangnya.

Kata Asraf, selama berlangsungnya masa PPKM ini, tidak ada warga yang bepergian.

"Beberapa kita lakukan PPKM hasilnya baik. Belum ada warga yang bepergian, baik datang maupun keluar dari desa," ungkapnya.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Jambi, Suwandi | Editor: Abba Gabrillin)

https://regional.kompas.com/read/2021/04/22/094006678/positif-covid-19-sebagian-warga-desa-di-kerinci-isolasi-mandiri-di-ladang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke