Salin Artikel

Polisi: Pemudik Bandel Akan Diputar Balik, yang Lewat Jalur Tikus Pun Tidak Akan Lolos

Penyekatan tersebut dilakukan menyusul adanya kebijakan larangan mudik Idul Fitri 2021 yang resmi dikeluarkan oleh pemerintah.

Berikut 7 titik pospam penyekatan jalur mudik 2021 di wilayah Kabupaten Bogor :

1. Check Point Cibinong, Sp. Pasar Cibinong (Batas Depok).

2. Check Point Cileungsi, Sp. Limus Nunggal (Batas Kota Bekasi).

3. Check Point Jonggol, Sp. Cibarusah (Batas Karawang).

4. Check Point Cisarua, Rindu Alam, Puncak Bogor (Batas Cianjur).

5. 14. Check Point Parung, (Batas Sawangan).

6. Check Point Jasinga (Batas Tangerang).

7. Check Point Cigombong (Batas Kab. Sukabumi).

Kapolres Bogor AKBP Harun mengatakan, 7 titik penyekatan ini nantinya bisa berkembang. 

"Sementara ini kita ada 7 titik penyekatan, tapi mungkin nanti akan berkembang terus karena kita ada 2 model, satu penangkalan terhadap dari (warga) Jabodetabek. Kedua pengecekan hasil swab antigen dan sertifikasi vaksin untuk yang di sini, karenakan di sini aglomerasi atau mudik lokal diperkenankan," kata Harus saat ditemui usai konfrensi pers di Mapolres Bogor, Cibinong, Selasa (20/4/2021).

"Makanya kalau untuk di sini tetap kita laksanakan sesuai aturan itu, setiap masuk ke kabupaten (Bogor) harus menunjukan surat swab antigen dan sertifikasi vaksin," sambung dia.

Harun menyebut, penyekatan ini akan melibatkan petugas gabungan dari TNI, Polri dan Dinas Perhubungan.

Pemudik bandel di Puncak Bogor langsung diputar balik

Para petugas akan mengawasi dan memeriksa masyarakat yang terindikasi hendak mudik, baik yang menggunakan motor, mobil, hingga naik bus antarkota, antarprovinsi.

"Metodenya kita tangkal, jadi kalau yang membandel mudik ya langsung diputarbalik seperti di Puncak Bogor misalnya. Jadi identifikasi (pemudik) itu dilihat dari plat nomor, barang bawaan dan kalau dari luar itu ada nanti KTP-nyakan," ucap dia.

Untuk mengantisipasi adanya masyarakat yang nekat mudik lewat tumpangan truk dan kendaraan melewati jalur tikus, maka petugas akan berpatroli dan tidak akan segan-segan memberikan sanksi tegas.

Dipastikan tidak ada pemudik yang bisa lolos via jalur tikus di tahun ini

Sebab, tahun sebelumnya seringkali ada supir truk, bus, atau jasa travel yang kedapatan nekat membawa pemudik, begitupula dengan masyarakat yang kerap melewati jalur tikus di kawasan Puncak Bogor.

Dia mengatakan, adanya jalur tikus yang biasa dilewati pemudik di daerah berhawa dingin itu tentu akan meningkatkan patroli kepolisian sehingga dipastikan tidak ada pemudik yang bisa lolos di tahun ini.

"Bus AKAP itukan jelas tidak boleh beroperasi (angkut pemudik). Nah kalau ada modus truk yang angkut motor pemudik dan pemudik lewat jalur tikus itu kita antisipasilah pasti, nanti di pos penyekatan itu ada," tegas dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/04/20/210000978/polisi-pemudik-bandel-akan-diputar-balik-yang-lewat-jalur-tikus-pun-tidak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke