Salin Artikel

Antisipasi Warga Mudik Lebih Awal, Tim Gabungan Jaga di Perbatasan Banyumas Mulai Hari Ini

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Tim gabungan mulai Senin (19/4/2021) ini melakukan penjagaan di sejumlah titik yang menjadi pintu masuk ke Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan, penjagan tersebut untuk mengantisipasi kedatangan warga yang memilih mudik lebaran lebih awal.

"Penjagaan sudah dimulai hari ini, tapi random," kata Husein kepada wartawan di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Senin.

Husein mengatakan, warga yang lolos dari penjagaan di perbatasan dan telah sampai ke rumah akan diminta untuk melakulan tes cepat antigen.

"Satgas desa atau RT akan membawa ke Puskesmas untuk tes cepat antigen, gratis. Kami menyiapkan stok sekitar 27.000 kit antigen," ujar Husein.

Berdasarkan pengalaman tahun lalu, kata Husein, terdapat kurang lebih 22.000 warga yang nekat mudik ke Banyumas, meski telah ada larangan dari pemerintah.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Banyumas Agus Nur Hadi mengatakan, penyekatan dilakukan di enam titik perbatasan, yaitu di wilayah Kecamatan Tambak, Somagede, Sokaraja, Kembaran, Ajibarang, dan Lumbir.

Sebelumnya, tim gabungan di Banyumas, akan berjaga di wilayah perbatasan, bahkan hingga ke tingkat RT dan RW untuk mengantisipasi warga yang nekat mudik.

Penjagaan akan dimulai H-10 hingga H+5 lebaran selama 24 jam.

Kapolresta Banyumas Kombes Firman Lukmanul Hakim mengatakan, tim gabungan dari unsur polisi, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan akan berjaga di lima titik perbatasan.

"Saat mereka (pemudik) datang di posko pasti akan dirapid test antigen, itu nomor satu," kata Firman di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Selasa (13/4/2021).

https://regional.kompas.com/read/2021/04/19/132533678/antisipasi-warga-mudik-lebih-awal-tim-gabungan-jaga-di-perbatasan-banyumas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke