Salin Artikel

Larangan Mudik Idul Fitri 2021, Bali Minta Perjalanan Wisata Tetap Diperbolehkan

DENPASAR, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Bali mengusulkan ke pemerintah pusat agar perjalanan wisata ke Bali tetap diperbolehkan saat larangan mudik Lebaran 6-17 Mei 2021 mendatang.

Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati alias Cok Ace mengatakan, usulan ini telah disampaikan ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Kami masih mengusahakan untuk Bali yang tujuan pariwisata jangan sampai dilarang lah. Kami sudah melakukan webinar dengan Kemenpar dan kami sudah sampaikan, besok akan ada rapat lagi semoga ada jawaban yang lebih kongkret," kata Cok Ace di Gedung DPRD Bali, Senin (19/4/2021).

Cok Ace mengatakan, wisatawan yang ke Bali selama larangan mudik Lebaran seharusnya tak masuk dalam daftar larangan bepergian.

Selain bukan dalam rangka mudik, pariwisata Bali juga sudah dibuka sejak Juli 2020 lalu.

"Meraka kan tidak mudik ke Bali, meraka berlibur ke Bali dan wisata di Bali kan memang sudah dibuka sejak Juli 2020 lalu. Makanya kami mohon untuk wisatawan agar dikecualikan," kata Cok Ace.

Soal risiko penularan Covid-19, ia menilai jumlah wisatawan yang ke Bali tak akan lebih banyak dari 10.000.

Sehingga kasus Covid-19 di Bali tak akan melonjak.


"Sebanyak-banyaknya di tengah situasi begini kan paling hanya 10.000-an, tidak lebih. Sekarang kan 4.000-6.000," kata dia.

Sebagaimana diketahui, pemerintah telah menerbitkan Surat Edaran Kepala Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021 tentang peniadaan mudik Ramadhan dan Lebaran 6-17 Mei 2021.

Melalui surat edaran tersebut, pemerintah melarang mudik Ramadhan dan Lebaran 2021, demi melindungi masyarakat dari penularan virus corona.

Dalam SE itu, perjalanan wisata juga termasuk yang dilarang.

Dalam SE tersebut huruf F Pengertian poin nomor 3, menyebut, pelaku perjalanan adalah seseorang yang melakukan perjalanan dari dalam negeri (domestik) maupun luar negeri pada 14 hari terakhir dengan tujuan mudik atau wisata.

https://regional.kompas.com/read/2021/04/19/122712778/larangan-mudik-idul-fitri-2021-bali-minta-perjalanan-wisata-tetap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke