Salin Artikel

Sidak, Tim Gabungan Temukan Makanan Kedaluwarsa di Banyumas

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Tim gabungan melakukan pemeriksaan makanan dan minuman di salah satu gudang di Jalan Gerilya Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (15/4/2021).

Hasilnya, tim yang terdiri atas anggota Polresta Banyumas, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag), Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyumas dan Kantor Pengawas Obat dan Makanan (POM) menemukan beberapa makanan yang telah kedaluwarsa.

"Makanan yang kedaluwarsa kami sita dan kami akan klarifikasi kepada pengelola gudang," kata Kasat Resrkrim Polresta Banyumas Kompol Berry di sela kegiatan, Kamis.

Berry mengatakan, tim juga menemukan kemasan produk yang tidak layak karena rusak. Selain itu, kondisi gudang penyimpanan juga dinilai kurang higienis.

Berry mengatakan, telah mengambil beberapa sampel produk makanan atau minuman yang tidak layak konsumsi untuk diteliti lebih lanjut.

"Ini akan diteliti, kalau memang misal ada pelanggaran ya akan ditindak sesuai dengan Undang-undang tentang konsumen," ujar Berry.

Sementara itu, Sekretaris Disperindag Banyumas Erni Indriastuti mengatakan, kegiatan tersebut untuk memastikan makanan dan minuman yang beredar layak untuk dikonsumsi.

Pasalnya, konsumsi masyarakat pada saat bulan Ramadhan dan lebaran nanti cederung meningkat.

"Pengecekan dilakukan untuk mengetahui makanan itu sudah kedaluarsa atau belum dan memiliki izin edar atau tidak," kata Erni.

https://regional.kompas.com/read/2021/04/15/155724778/sidak-tim-gabungan-temukan-makanan-kedaluwarsa-di-banyumas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke