Salin Artikel

Riau Termasuk Rawan Terdampak Siklon Tropis 94W, BPBD Mulai Siap Siaga

Pasalnya, bibit siklon tropis ini diprediksi akan mengakibatkan cuaca esktrem.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi adanya potensi bibit siklon tropis 94W di Samudera Pasifik dari timur laut Papua, yang berpotensi menguat menjadi siklon tropis dalam sepekan ke depan. 

Untuk itu, BNPB mengeluarkan surat imbauan kepada kepala daerah di 30 provinsi, agar dapat mengambil langkah waspada dan antisipasi bencana.

Menanggapi hal ini, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau Edy Afrizal mengatakan, pihaknya langsung menindaklanjuti imbauan dari BNPB dengan meneruskan kepada para kepala BPBD di 12 kabupaten dan kota di Riau.

"Kami sudah dapat informasi perihal peringatan dini penanggulangan potensi siklon tropis. Hal tersebut juga sudah kami sampaikan ke BPBD 12 kabupaten dan kota di Riau," kata Edy kepada wartawan, Rabu (14/4/2021).

Edy mengatakan, pemerintah daerah diminta meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi cuaca ekstrem.

Pada prinsipnya, menurut Edy, BPBD di 12 kabupaten dan kota di Riau itu sudah siap apabila sewaktu-waktu dibutuhkan.

Termasuk peralatan untuk evakuasi warga dan peralatan pendukung lainnya juga sudah siap.

"Kalau untuk personel dan peralatan sudah siap, karena sebelumnya juga sudah siaga untuk penangangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla)," ujar Edy.

BPBD juga akan berkoordinasi dengan TNI, Polri dan SAR mengenai kesiapan personel, termasuk untuk peralatan evakuasi.

"Kami selama ini terus melakukan koordinasi dengan Basarnas dan juga TNI, Polri," kata Edy.


Sebelumnya, BMKG mendeteksi adanya potensi bibit siklon tropis 94W yang berpotensi menguat dalam seminggu ke depan. 

Pemantauan berdasarkan citra satelit Himawari-8 menunjukkan bibit siklon tropis tersebut memiliki kecepatan angin maksimum di sekitar sistemnya mencapai 30 knot (56 kilometer/jam).

Potensi untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam beberapa hari ke depan sangat tinggi.

BMKG mengimbau seluruh masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem, seperti hujan disertai angin kencang dan petir yang bisa mengakibatkan banjir, longsor, pohon tumbang, dan lainnya.

Adapun wilayah yang berpotensi terdampak bibit siklon tropis 94W adalah, Aceh, Riau, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat. 

Berikutnya, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.

https://regional.kompas.com/read/2021/04/14/175544578/riau-termasuk-rawan-terdampak-siklon-tropis-94w-bpbd-mulai-siap-siaga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke