Salin Artikel

Diduga Masalah Sengketa Lahan, Satu Keluarga di Lombok Tengah Bentrok

LOMBOK TENGAH, KOMPAS.com - Dua kelompok keluarga di Desa Landah, Kecamatan Praya Timur, Kabupaten Lombok Tengah, terlibat bentrok, Selasa (13/4/2021) malam.

Kapolres Lombok Tengah AKBP Esty Setyo Nugroho, menyampaikan, peristiwa bentrok atau perkelahian antara dua kelompok keluarga dipicu karena permasalahan sengketa lahan yang sudah cukup lama.

"Kejadian tadi malam itu bukan penyerangan atau perang kampung, ini murni masalah sengketa lahan karena kedua belah pihak masih ada hubungan keluarga," kata Esty, dalam keterangan tertulisnya kepada Kompas.com, Rabu (14/4/2021).

Esty menuturkan, salah seorang pelaku berinisial AW yang berada dari pihak selatan, sebelum kejadian, sempat melakukan kebut-kebutan menggunakan sepeda motor sambil teriak-teriak, sehingga memancing pihak utara untuk keluar.

Mengetahui pihak utara yang keluar ke jalan, membuat pihak dari selatan merespons balik dan keluar sambil membawa senjata tajam dan melakukan pelemparan.

Akibatnya kejadian tersebut, setidaknya ada sepuluhan orang mengalami luka-luka.

"Akibat kejadian itu, sekitar 10 orang dari pihak selatan maupun utara yang menjadi korban dan mengalami luka-luka ringan," kata Esty.

Esty menyamapaikan, pihaknya telah beberapa kali melakukan upaya perdamaian antara keduanya, namun sampai saat ini belum ada titik temu.

Esty mengimbau agar kedua belah pihak tidak saling memprovokasi yang bisa mengakibatkan kerugian dan pelanggaran hukum.

"Saya berharap kedua belah pihak tidak saling memprovokasi kembali dan tidak melakukan tindakan yang mengarah kepada pelanggaran hukum," kata Esty.

https://regional.kompas.com/read/2021/04/14/174520778/diduga-masalah-sengketa-lahan-satu-keluarga-di-lombok-tengah-bentrok

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke