Salin Artikel

Uji Coba GeNose C-19 di Terminal Bus Palembang, Sopir dan Penumpang Bisa Tes Gratis

Kepala Terminal AAL Palembang Elba Iskan mengatakan, saat ini layanan GeNose C-19 masih gratis untuk para sopir dan penumpang lantaran masih dalam tahap uji coba selama satu pekan kedepan.

Elba menerangkan, penggunaan GeNose sebagai salah satu syarat perjalanan darat di terminal AAL Palembang akan mulai berlaku Senin (19/4/2021) mendatang.

"Untuk sekarang masih dalam tahap uji coba dan sosialisasi dulu. Pekan depan baru dikenakan tarif, untuk harganya tergantung dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub),"kata Elba, Selasa (13/4/2021).

Menurut Elba, untuk terimnal AAL Palembang mendapatkan satu unit mesin layanan GenoSe C-19 dari Kemehub dengan jumlah 300 kantong plastik udara sebagai alat tes. Sebelum penggunaan alat itu, para sopir dan penumpang akan lebih dulu mengisi data dan surat persetujuan.

"Jika didapatkan ada sopir atau penumpang yang positif akan diarahkan ke puskesmas untuk tes lanjutan seperti tes PCR . Mereka sementara waktu diminta untuk tidak dulu melanjutkan perjalanan jika nantinya memang positif Covid-19,"ujarnya.

Dijelaskan Elba, sejak dikeluarkannya larangan mudik yang berlaku pada 6- 17 Mei 2021 oleh Kemenhub, membuat masyarakat banyak melakukan aktivitas mudik lebih awal. Hal itu terlihat dari jumlah bus dari terminal AAL Palembang menuju Jawa menjadi meningkat.

"Sehari bisa sampai 10 bus yang menuju ke Jawa. Sementara yang masuk ke Palembang sedikit, kurang dari enam bus,"jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/04/13/145559978/uji-coba-genose-c-19-di-terminal-bus-palembang-sopir-dan-penumpang-bisa-tes

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke