Salin Artikel

Tinjau Pasar Terong Makassar, Plt Gubernur Sulsel Pastikan Pasokan Bahan Pokok Aman

MAKASSAR, KOMPAS.com – Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman meninjau sejumlah bahan pokok di Pasar Terong Makassar, Senin (12/4/2021).

Andi Sudirman didampingi Kapolda Sulsel Irjen Pol Merdisyam, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) VI Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Makassar Hilman Pujana, serta beberapa Kepala OPD terkait Lingkup Pemprov Sulsel.

Andi Sudirman berbincang dengan beberapa pedagang menanyakan harga bahan pangan mulai dari bawang, cabe, daging, ayam, minyak, beras, serta telur. Bahkan Andi Sudirman memborong jualan para pedagang.

“Sebelum masuk Ramadhan, kita mengecek data umum (ketersediaan pangan di pasar). Alhamdulillah, Insya Allah pasokan pangan masih aman,” katanya, Senin.

Dia mengatakan, beberapa bahan pokok ada yang mengalami kenaikan maupun penurunan.

Harga cabai dari yang sebelumnya Rp 100.000 turun menjadi Rp 70.000 per kilogram (kg).

Untuk harga beras stabil, namun harga minyak goreng naik Rp 1.000.

“Harga daging Rp 120.00 masih normal. Harga ayam dan bawang juga normal. Yang naik ini harga telur naik Rp 5.000 dari Rp 38.000 menjadi Rp 43.000," ujarnya.

Ia memprediksi, harga cabai akan kembali turun seiring masuknya masa panen di Jeneponto.

Untuk itu, dia berharap, Satgas Pangan bisa membantu menjaga stok pangan di pasar selama bulan Ramadhan.

"Kita tidak ingin harga cabai turun drastis, jangan sampai masalah di sistem rantai pasokan. Akan tetapi bagaimana kita menjaga harga tidak melonjak, maka kita akan turun untuk intervensi operasi pasar. Apalagi saat ini harga cabai turun menjadi Rp 70.000,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolda Sulsel Irjen Pol Merdisyam menyampaikan, Satgas Pangan dari Polda Sulsel akan bertugas dalam mengendalikan harga dan inflasi.

Menurut dia, kenaikan maupun penurunan harga kebutuhan pokok disebabkan faktor permintaan, ketersediaan, panen, dan kondisi.

“Intinya bagaimana kita menjaga agar tidak ada permainan harga. Kita bersama-sama dengan stakeholder terkait Satgas Pangan untuk ikut membantu dalam hal pengawasan terhadap para pelaku yang nakal memanfaatkan situasi dan mempertahankan barang untuk menaikkan harga,” tuturnya.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) VI Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Makassar, Hilman Pujana menambahkan, pihaknya mengemban tugas menjaga kelancaran pasukan bahan pokok di sejumlah pasar.

“Kalau harga buat kami itu adalah parameter. Kalau harganya naik, kita lihat apakah itu dalam penawaran atau dari permintaan yang bertambah.

Dia meminta kepada pelaku usaha untuk tidak mengambil kesempatan menaikkan harga.

"Seperti yang kita cek ketersediaan cukup, jadi kita harapkan harga bisa stabil. Kita tetap memantau agar tidak ada pelaku usaha yang menahan atau menghambat arus pasokan barang di pasar,” ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/04/12/111341178/tinjau-pasar-terong-makassar-plt-gubernur-sulsel-pastikan-pasokan-bahan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke