Salin Artikel

Jemaah An Nadzir Gowa Mulai Puasa Ramadhan Hari ini

GOWA, KOMPAS.com - Ribuan jemaah An Nadzir yang bermukim di pesisir Danau Mawang, Kelurahan Mawang, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, mulai menjalani puasa ramadhan hari ini, Minggu (11/4/2021).

Penetapan 1 Ramadhan 1442 Hijriah ini berdasarkan hasil rapat dari Tim Sembilan yang dibentuk oleh jemaah An Nazir.

Rapat yang digelar pada Sabtu (10/4/2021) pukul 16.00 Wita di Masjid Al Muqaddis ini diikuti oleh sembilan tokoh penting jemaah An Nazir.

"Berdasarkan hasil rapat kemarin sore maka hari ini jemaah An Nazir menetapkan 1 Ramadhan 1442 Hijriah jatuh pada hari ini," kata pimpinan jemaah An Nazir Samiruddin Pademui saat dihubungi wartawan, Minggu.

Samiruddin menjelaskan, penetapan 1 Ramadhan ini berdasarkan Al Quran dan hadis serta perhitungan bulan atau hisab yang didukung oleh fenomena alam seperti gelombang pasang puncak air laut.

"Kami berhitung dengan bulan purnama pada tanggal 14 hingga 16 dan terakhir 28 dan 29 lalu kami padukan dengan terjadinya puncak pasang air laut sebagai pertanda pergantian bulan. Hal ini dibuktikan dengan fenomena hujan, angin kencang serta petir. Saat pergantian bulan, bumi dan matahari sejajar pada garis horizontal yang menyebabkan gaya gravitasi bumi mengakibatkan terjadinya gelombang pasang puncak air laut," kata Samiruddin.

Jemaah An Nazir yang bermukim di pesisir danau Mawang ini terbilang unik lantaran cara berpakaian pria yang menggunakan sorban hitam dan rambut panjang berwarna pirang.

Sementara bagi kaum wanita mengenakan burka atau jilbab yang menutupi seluruh tubuh kecuali telapak tangan.

https://regional.kompas.com/read/2021/04/11/102518278/jemaah-an-nadzir-gowa-mulai-puasa-ramadhan-hari-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke