Salin Artikel

Sabtu, 8 Taman di Surabaya Ini Dibuka untuk Umum, Ada Pengawasan untuk Cegah Covid-19

KOMPAS.com - Pemkot Surabaya berencana membuka delapan taman kota dan memperbolehkan pedagang UMKM kembali berdagang, Sabtu (10/4/2021).

Surabaya memiliki 39 taman aktif yang bisa dikunjungi. Delapan taman yang dibuka itu dalam tahap uji coba, dan merepresentasikan masing-masing kawasan.

"Delapan taman yang dibuka mewakili Surabaya Pusat, Timur, Selatan, Utara, Barat," ujar Plt Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya, Anna Fajriatin, seperti dilansir dari Surya.co.id, Kamis (8/4/2021).

Sentra pedagang di masing-masing taman juga akan kembali dibuka. Warga atau UMKM di sekitar boleh berjualan asalnya mematuhi protokol kesehatan.

"Warga atau UMKM di sekitar juga boleh berjualan. Namun dengan prokes. Misalnya penjual menggunakan sarung tangan sehingga makanan tidak disentuh langsung," kata dia.

Pemkot Surabaya melibatkan pihak RT/RW setempat sebagai Satgas pencegahan Covid-19 yang akan membantu mengawasi di dalam taman. Selain itu, juga ada Satpol-PP.

Tujuannya agar protokol kesehatan tetap terjaga.

"Sehingga, kami libatkan RT/RW dan LPMK (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan). Sebab, mereka yang tahu. Kita harus saling memiliki," ujar Anna.

Taman yang akan dibuka itu yakni Taman Flora, Taman Harmoni, dan Kebun Bibit Wonorejo di Surabaya Timur.

Kemudian, Taman Pelangi di Surabaya Selatan, serta Taman Prestasi dan Taman Ekspresi di Surabaya Pusat, diikuti Taman Cahaya di Surabaya Barat dan Taman Sejarah di Surabaya Utara.

Beberapa taman yang memiliki fasilitas penunjang olahraga akan dipantau.

Misalnya Taman Cahaya yang dilengkapi dengan beragam fasilitas seperti lapangan futsal, lapangan basket, jogging track, lintasan batu refleksi, hingga taman bermain anak.


Sebab, dengan alasan berolahraga, pengunjung bisa saja tidak mau memakai masker.

"Tentu untuk taman seperti itu juga akan kami pantau," kata dia.

Ada beberapa aturan prokes lainnya yang juga harus dipatuhi para pengunjung selain memakai masker.

Misalnya pintu masuk dan keluar yang dibuat berbeda, pembatasan jumlah pengunjung (50 persen dari kapasitas), hingga pembatasan jam buka.

Pembukaan delapan taman ini diuji coba selama dua minggu.

Pembukaan taman tersebut bakal diperpanjang waktunya bila pengunjung tertib prokes dan tidak ada temuan klaster Covid-19.

"Kami akan evaluasi secara berkala. Harapannya taman kalau dibuka, warganya manut. Sehingga, taman bisa dibuka jangan panjang dan juga taman-taman lainnya," ungkap dia.

Saat ini, seluruh tempat duduk, toilet hingga fasilitas umum di taman kota sedang menjalani penyemprotan disinfektan.

Disiapkan juga sarung tangan plastik untuk pengunjung dan petugas jaga taman.

-----------------

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul, "Sabtu, Delapan Taman di Surabaya Dibuka untuk Umum; RT/RW Jadi Satgas Pencegahan Covid-19" (SURYA.CO.ID/BOBBY CONSTANTINE KOLOWAY)

https://regional.kompas.com/read/2021/04/08/213819678/sabtu-8-taman-di-surabaya-ini-dibuka-untuk-umum-ada-pengawasan-untuk-cegah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke