Salin Artikel

Masuki Pancaroba, BMKG Ingatkan Potensi Cuaca Ekstrem di Jawa Timur

Kepala Stasiun Metorologi Kelas I Juanda I Wayan Mustika mengatakan, wilayah Jawa Timur telah memasuki masa pancaroba atau peralihan musim sejak awal Maret 2021.

"Saat ini wilayah Jatim masuk pancaroba, potensi bencana banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, hingga jalan licin perlu diwaspadai," kata Wayan saat dikonfirmasi, Selasa (6/4/2021).

Saat peralihan musim, terjadi gangguan atmosfer yang menyebabkan potensi peningkatan intensitas curah hujan di Jawa Timur.

Sehingga potensi hujan es, puting beliung, hujan lebat, dan angin kencang sesaat dari awan cumulonimbus akan mungkin terjadi.

Pola tekanan rendah dan siklon tropis Seroja di selatan Indonesia juga mulai aktif, sehingga membentuk palung tekanan rendah memanjang dari barat ke timur.

"Hal ini yang menyebabkan adanya konvergensi atau zona pertemuan angin di wilayah Jawa Timur," ujarnya.

Kondisi tersebut juga dipengaruhi aktifnya madden julian oscillation (MJO) yang membawa massa udara basah ke wilayah Indonesia sehingga berpengaruh terhadap proses dinamika atmosfer di Jawa Timur.

MJO merupakan fenomena di atmosfer yang mengindikasikan pergerakan sistem konvektifitas udara skala besar.

"Apalagi juga muncul gangguan gelombang Rossby yang dapat meningkatkan potensi kejadian cuaca ekstrem," terang Wayan.


Berdasarkan pemetaan, curah hujan dengan intensitas lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang setidaknya berpotensi terjadi di sejumlah daerah di Jatim.

Selain Surabaya, juga terjadi di Sidoarjo, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Tulungagung, Batu, Jember, Situbondo, Banyuwangi, Pamekasan, Mojokerto, dan Madiun.

Lalu, Ponorogo, Magetan, Pacitan, Tuban, Blitar, Kediri, Malang, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Gresik, Sumenep, Bangkalan, hingga Sampang.

"Bagi masyarakat pesisir serta para pengguna transportasi laut harap mewaspadai adanya potensi gelombang tinggi di wilayah perairan Jawa Timur," tutup Wayan.

https://regional.kompas.com/read/2021/04/06/153409178/masuki-pancaroba-bmkg-ingatkan-potensi-cuaca-ekstrem-di-jawa-timur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke