Salin Artikel

Bupati Gunungkidul: Warga Miskin Lebih Taat Bayar Pajak Dibanding Orang Kaya

YOGYAKARTA,KOMPAS.com- Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengaku prihatin karena pengusaha kalah dengan masyarakat kurang mampu dalam membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Bupati mengancam akan menindak tegas orang mampu yang membandel membayar PBB.

“Mulai tahun 2021 ini kita harus bersikap tegas. Karena PBB dengan pokok ketetapan kecil yang menjadi kewajiban rakyat kecil, bahkan warga miskin, justru tertib membayar. Mosok yang kaya kok nggak mau bayar pajak," kata Sunaryanta di Bangsal Sewokoprojo, Wonosari Senin (5/4/2021).

"Saya mendengar yang besar dan tidak membayar pajak," kata dia

Sunaryanta mengatakan,  tindakan tegas ini dilakukan agar masyarakat taat membayar PBB.

Dia menyarankan agar diumumkan siapa saja yang belum membayar PBB, dan tidak boleh takut untuk bersikap tegas. Menurut dia, membayar PBB menjadi salah satu kewajiban masyarakat, demi keberlangsungan pembangunan.

"Pendapatan dari sektor pajak masih menjadi andalan agar pembangunan di Gunungkidul bisa berjalan lancar," ucap Sunaryanta.

Dalam upaya menambah semangat bagi petugas pungut PBB yang ada di kanapewon, Sunrayanta mengaku nantinya akan memberikan penghargaan secara khusus, termasuk panewu yang berhasil membawa masyarakatnya lunas awal dalam membayar PBB ini.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Gunungkidul, Saptoyo melaporkan jumlah obyek pajak tahun 2021 ini 602.483 objek pajak, dengan jumlah ketetapan pajak Rp 25,5 miliar, dan persentase kenaikan ketetapan ini 0,78 persen.

"Untuk target penerimaan PBB tahun 2021 ini mencapai Rp 22 miliar," kata Saptoyo.

Berdasarkan data yang ada, dalam dua tahun terakhir ini wilayah yang lunas awal membayar PBB justru daerah pinggiran, dengan notabene banyak warganya yang miskin.

Sebagaimana di tahun 2019 dan 2020, Kapanewon Gedangsari dan Purwosari yang berada jauh dari pusat kota berhasil lunas lebih awal dalam membayar PBB.

Untuk membayar PBB tidak hanya dilayani secara tunai di bank, namun bisa juga dibayarkan secara online melalui aplikasi e commerce. 

https://regional.kompas.com/read/2021/04/05/130044078/bupati-gunungkidul-warga-miskin-lebih-taat-bayar-pajak-dibanding-orang-kaya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke