Salin Artikel

Kapal Motor Muat Puluhan Penumpang Tenggelam Dihantam Ombak, 1 Bayi Meninggal

MAUMERE, KOMPAS.com - Kapal Motor Empat Bersaudara, rute Pulau Ende-Kampung Numba Basa Kabupaten Ende, NTT, tenggelam karena dihantam ombak, Sabtu (3/4/2021), sekitar 12.30 Wita.

Kapal Motor itu memuat 24 orang penumpang.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere, I Putu Sudayana, menuturkan, pihaknya menerima informasi tenggelamnya kapal itu dari Irmawati pukul 12.30 Wita.

Yang bersangkutan, lanjut Putu, melaporkan telah terjadi kecelakaan Kapal KM Empat Bersaudara, berjarak 2,29 kilometer dari pelabuhan Pulau Ende.

Ia menerangkan, sekitar pukul 11.15 Wita, kapal itu bergerak dari pelabuhan Pulau Ende menuju kampung Numba Basa Ende.

Di tengah laut, kapal tersebut diterpa ombak dengan ketinggian 1-2 meter hingga air memenuhi lambung kapal dan tenggelam. Semua orang dalam kapal itu melompat dan berusaha menyelamatkan diri.

Setelah mendapatkan laporan itu, pihaknya langsung berkoordinasi dengan instansi Potensi SAR yang berada di wilayah kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere di antaranya Lanal Maumere, Dipolair Polda NTT, Polres Ende, Kodim Ende, BPBD Ende, Pos AL Ende, KSOP Ende, dan Polair Ende.

Pukul 12.40 Wita, tim SAR gabungan yang terdiri dari dua rang tim rescue unit siaga SAR Ende, Pos AL Ende satu orang, Polairud Ende satu, menggunakan rubber boat 30 PK unit siaga SAR Ende serta anggota Polsek Pulau Ende dan nelayan dengan menggunakan 20 perahu.


Pukul 13.10 Wita, orang dalam kapal itu yang berjumlah 24 orang berhasil dievakuasi oleh tim SAR Gabungan.

"Semua korban selanjutnya dibawa ke puskesmas Ende dengan rincian 23 orang selamat dan 1 bayi meninggal dunia," kata Putu dalam rilis tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu malam.

Putu pun mengapresiasi setinggi-tingginya atas kerja sama yang baik kepada seluruh potensi SAR gabungan terutama Camat Pulau Ende beserta staf, Kapolsek Pulau Ende serta jajaranya dan nelayan Pulau Ende.

Ia juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Bupati Ende, Kapolres, dan Dandim atas kerja sama dan sinergi terhadap operasi SAR KM Empat Bersaudara.

Ia menambahkan, keluarga besar Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere turut berduka dan berbela sungkawa atas kejadian tenggelamnya kapal KM Empat Bersaudara yang memuat 24 orang, di mana satu di antaranya merupakan seorang bayi berusia 1 tahun ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

"Semoga korban diterima di sisi Tuhan yang Maha Kuasa dan keluarga diberi ketabahan," tambah dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/04/03/192225778/kapal-motor-muat-puluhan-penumpang-tenggelam-dihantam-ombak-1-bayi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke