Salin Artikel

Penumpang Pesawat Boleh Pakai Hasil Tes GeNose, Satgas Covid-19 Kalbar Tetap Syaratkan PCR

Kepala Dinas Kesehatan Kalbar Harisson menerangkan, sampai dengan saat ini, PCR merupakan standar tertinggi dalam mendiagnosis Covid-19.

"Tetap PCR. Sampai saat ini PCR masih standar yang paling tinggi dalam menegakkan diagnosis Covid-19," kata Harisson kepada wartawan, Rabu (31/3/2021).

Menurut Harisson, rapid test dengan metode antigen, yang menggunakan lendit hidung atau tenggorokan sebagai sampel masih rendah tingkat akurasi dibanding PCR.

"Apalagi model cara tiup. Tiup-tiup itu mengingatkan saya pada metode dukun kampung," ujar Harisson.

Harisson melanjutkan, Satgas Penanganan Covid-19 Kalbar sebelumnya telah memperpanjang emberlakuan syarat swab test dengan metode PCR.

Perpanjangan dilakukan dari 1 Maret 2021 sampai 23 Mei 2021 atau jauh usai libur hari raya Idulfitri.

"Perpanjangan itu mengacu Pergub Nomot 30 Tahun 2021 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakkan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19," jelas Harisson.

Diberitakan, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menyebutkan, tes GeNose Covid-19 bisa menjadi syarat perjalanan di semua moda transportasi mulai 1 April 2021.

Pelaku perjalanan transportasi darat/laut/udara wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes Covid-19. 


Namun selain tes menggunakan RT-PCR dan rapid test antigen, calon penumpang bisa juga cukup menunjukkan hasil negatif tes GeNose C19 di bandara, pelabuhan atau stasiun sebelum keberangkatan. 

Hal ini berdasarkan Surat Edaran (SE) Nomor 12 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

GeNose merupakan alat buatan Universitas Gadjah Mada, yang digunakan untuk mendeteksi Covid-19 lewat embusan napas.

GeNose akan tersedia di bandara, pelabuhan, dan stasiun sehingga bisa menjadi pilihan yang lebih murah bagi calon penumpang pesawat, kapal laut, dan kereta api.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/31/095122278/penumpang-pesawat-boleh-pakai-hasil-tes-genose-satgas-covid-19-kalbar-tetap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke