Salin Artikel

Siswa di Lamongan Antusias Sambut Pembelajaran Tatap Muka

LAMONGAN, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat pembelajaran dilakukan secara daring, siswa dan pengajar banyak mengandalkan jaringan online untuk agenda pembelajaran.

Hampir setahun siswa tak lagi melihat bangku sekolah, dan ini rupanya membuat mereka rindu kembali masuk ke sekolah.

Febriawan siswa kelas sembilan SMP Negeri 2 Lamongan mengatakan, dirinya bersama dengan beberapa orang rekan sesama siswa kelas sembilan memang sudah masuk ke sekolah.

Sementara adik kelas mereka, siswa kelas tujuh dan delapan belum.

"Ini masuk karena sedang ada ulangan (ujian), tapi kalau adik-adik kelas masih pembelajaran daring," ujar Febriawan, saat ditemui Selasa (30/3/2021).

Febri berharap, mereka bisa kembali ke sekolah seperti sebelum pandemi melanda.

Melaksanakan pembelajaran tatap muka dalam waktu tidak lama lagi, baik kepada siswa kelas tujuh, delapan maupun sembilan.

Meskipun nantinya dilakukan berbeda dari kesempatan sebelumnya, lantaran harus sesuai protokol kesehatan.

"Enak belajar langsung (tatap muka), lebih sreg ketemu bapak dan ibu guru di sekolah. Bagi saya, ini berbeda dengan pembelajaran daring," ucap dia.

Hal senada juga diungkapkan oleh rekan Febriawan, M Ridho yang juga duduk di bangku kelas sembilan SMP Negeri 2 Lamongan.


Dia mengaku tidak sabar menunggu pembelajaran tatap muka kembali dilaksanakan, masuk bersama dengan adik-adik kelasnya di sekolahan.

"Semoga bisa secepatnya (masuk sekolah) bisa masuk semua, biar ramai tidak seperti sekarang," kata Ridho.

Kepala Dinas Pendidikan Lamongan Adi Suwito saat dihubungi terpisah mengatakan, saat ini pihaknya memang tengah melakukan simulasi sambil melakukan edukasi pembelajaran tatap muka di sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Lamongan, seiring dengan status Kabupaten Lamongan yang termasuk dalam zona kuning.

Adi mengaku, sangat optimistis Kabupaten Lamongan sudah siap melaksanakan pembelajaran tatap muka, sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang nantinya dengan mengacu protokol kesehatan yang ditetapkan.

"Hari ini masih koordinasi dengan kementerian via Zoom terkait PTM (pembelajaran tatap muka). Saya sendiri optimistis Lamongan sudah siap, sebab kami sudah melakukan simulasi dan edukasi sejak lama," kata Adi.

Adi menuturkan, kesiapan dalam menyambut pembelajaran tatap muka di Lamongan juga ditunjang oleh sarana dan prasarana yang mumpuni, tenaga dan staf pengajar yang sudah divaksin, dan pengetahuan pihak sekolah hingga siswa mengenai penerapan protokol kesehatan saat pandemi.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/30/132352678/siswa-di-lamongan-antusias-sambut-pembelajaran-tatap-muka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke