Salin Artikel

Wagub Bali Sebut Ketersediaan Darah Jadi Prioritas di Masa Pandemi Covid-19

Seluruh komponen masyarakat bisa bersinergi untuk memenuhi kebutuhan kantong darah di Bali.

"Kegiatan donor darah dan kerja sama dengan banyak pihak harus dilanjutkan dengan bersinergi dan berkesinambungan," kata Wagub yang biasa disapa Cok Ace itu saat penandatanganan MoU antara PMI Bali dengan PHRI Bali, BHA, dan BOC Indonesia, di Denpasar, Senin (29/3/2021).

Menurutnya, para pemilik hotel dan restoran itu akan mengarahkan para staf mereka yang sehat untuk menjadi donor.

"Dengan demikian, saat orang lain membutuhkan darah, PMI Bali sudah siap dengan ketersediaannya. Sebagai sesama manusia yang bertanggung jawab bagi keberlangsungan hidup sesamanya, saya harapkan mau berbagi darah melalui donor-donor yang dilakukan banyak pihak demi kepentingan bersama," ujar pria yang juga Ketua PHRI Bali itu.

Penandatangan MoU tersebut merupakan tindak lanjut dari program pemerintah sejak lima tahun lalu.

Sehingga, Cok Ace mengatakan, sinergi antara pemerintah dan swasta perlu didorong untuk meningkatkan rasa kebersamaan. Apalagi, saat ini pandemi Covid-19 masih melanda.

"Penting juga ditingkatkan kesadaran bagi donor plasma darah. Karena seperti yang diketahui, terapi plasma darah Covid-19 menjadi salah satu perawatan yang dilakukan pada pasien Covid-19," ucapnya.

Dia menambahkan, metode penyembuhan terapi plasma konvalesen itu memanfaatkan darah antibodi dari darah penyintas Covid-19.

Ketua Palang Merah Indonesia Provinsi Bali I Gusti Bagus Alit Putra menambahkan, kerja sama tersebut mempersiapkan PMI Bali dalam menghadapi bencana dan melibatkan semua lini terutama di jajaran pariwisata, dengan mempersiapkan tenaga ahli yang sudah memiliki sertifikat.

Oleh karena itu, apabila terjadi bencana, relawan PMI yang berjumlah ribuan orang akan siap bergerak di masing-masing wilayahnya.

"Dengan dilakukan penandatanganan nota kesepahaman ini, kami harapkan mampu menumbuhkan semangat dan kesadaran setiap warga Bali untuk ikut mendonorkan darahnya," kata Alit Putra.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/29/235118478/wagub-bali-sebut-ketersediaan-darah-jadi-prioritas-di-masa-pandemi-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke