Salin Artikel

Pondok Rehabilitasi dan Observasi Pasien Covid-19 di Gresik Ditutup Sementara

GRESIK, KOMPAS.com - Satgas penanganan Covid-19 Kabupaten Gresik, untuk sementara mengambil kebijakan untuk menutup aktivitas perawatan pasien Covid-19 dengan gejala ringan di Stadion Gelora Joko Samudro (Gejos), Senin (29/3/2021).

Kepala Dinas Kesehatan Saifudin Gozali mengatakan, kebijakan ini diambil menyusul sudah tidak adanya pasien Covid-19 yang dirawat di stadion yang dijadikan pondok rehabilitasi dan observasi tersebut sejak Rabu (24/3/2021) lalu.

Bahkan, pihaknya bersama Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani terlebih dulu melakukan peninjauan sebelum resmi melakukan penutupan untuk sementara Gejos per hari ini.

"Setelah kami lakukan diskusi dan analisa, maka kami simpulkan Gejos mulai hari ini kami tutup sementara," ujar Gozali, kepada awak media, Senin.

Gozali menuturkan, penutupan ini bersifat sementara dengan Gejos bakal kembali dibuka untuk melayani pasien Covid-19 bila dinilai ada lonjakan pasien kembali dan dibutuhkan.

Sehingga, sewaktu-waktu keberadaan Gejos sebagai tempat isolasi pasien Covid-19 bisa kembali difungsikan.

"Untuk nakes (tenaga kesehatan), kami kembalikan ke puskesmas masing-masing. Sementara Gejos hanya akan dijaga oleh petugas keamanan dari Satpol PP," ucap dia.

Gozali menuturkan, terakhir kali Gejos merawat pasien Covid-19 dengan gejala ringan sebanyak tujuh orang.


Mereka semua sudah dinyatakan sembuh, dan sudah diperbolehkan ke rumah masing-masing pada Selasa (23/3/2021) lalu dengan Gejos kemudian kosong alias tidak ada lagi pasien yang dirawat.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani berharap, tren pasien positif terpapar Covid-19 bisa terus melandai sehingga Kabupaten Gresik bisa segera terbebas dari pandemi Covid-19.

Karena itu, dia juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah.

"Mudah-mudahan Gresik segera bisa masuk zona kuning dan selanjutnya zona hijau," kata Gus Yani-sapaan Fandi Akhmad Yani.

Stadion Gelora Joko Samudro (Gejos) dijadikan pondok rehabilitasi dan observasi pasien Covid-19 oleh Pemkab dan Satgas penanganan Covid-19 Gresik, setelah kapasitas di rumah sakit rujukan overload beberapa waktu lalu.

Gejos sendiri memiliki daya tampung sekitar 140 tempat tidur dan sudah difungsikan sejak pertengahan tahun lalu.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/29/174644478/pondok-rehabilitasi-dan-observasi-pasien-covid-19-di-gresik-ditutup

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke