Salin Artikel

Dinkes DIY Lakukan Vaksinasi Covid-19 Pagi Hari Saat Bulan Ramadhan

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta (Dinkes DIY) melakukan suntikan vaksinasi Covid-19 pada pagi hari saat bulan Ramadhan.

Hal tersebut untuk mencegah terjadinya hipoglikemia.

Kepala Dinkes DIY Pembajun Setyaningastutie menjelaskan, hipoglikemia merupakan kondisi ketika kadar gula di dalam darah berada di bawah normal.

"Pagi saja (waktu vaksin Covid-19), setelah dzuhur kita tidak lakukan, kita hindari hipoglikemia. Hipoglikemia itu kadar gula darah turun jadi kalau kadar gula kurang rentan pingsan," ujar Pembajun kepada wartawan, Senin (29/3/2021).

Menurut dia, vaksinasi digelar pada malam hari akan menganggu warga untuk melaksanakan ibadah bulan Ramadhan.

"Kalau malam ya habis berbuka, kasian pasiennya dan juga tenaga kesehatannya (nakes). Kami masih tetap jalan mungkin tidak sebanyak ini," katanya.

Sementara itu, Ketua Harian Satgas Covid-19 Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi menyampaikan, vaksinasi Covid-19 akan tetap dilakukan di fasilitas kesehatan di Kota Yogyakarta sesuai dengan jam kerja yang berlaku.

"Kota tetap melakukan vaksinasi dan buka juga di faskes yang ada. Sehingga kita tetap menjalankan pelayanan juga," ujar Heroe.

"Kita ikuti jam kerja saat Ramadhan, kan biasanya saat Ramadhan jam kerja siang dan akhir jam kerja lebih cepat," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Dinkes DIY masih menunggu fatwa dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait penyuntikan vaksinasi Covid-19 saat bulan Ramadhan.

Kadinkes DIY Pembajun Setyaningastutie menyampaikan, kemungkinan cara vaksin di bulan Ramadhan akan diubah tidak seperti melakukan vaksin saat hari-hari biasa.

"Kemungkinan waktunya akan diubah, bisa saja setelah sahur kita lakukan satu sesi vaksinasi. Lalu lanjut lagi setelah berbuka puasa," katanya kepada wartawan, Selasa (16/3/2021).

Kendati demikian, pihaknya masih menunggu fatwa dari MUI, apakah vaksinasi dengan cara suntik membatalkan puasa atau tidak.

"Menunggu fatwa MUI, kalau saya kan nakes ya suntik saja, tetapi kan tidak boleh seperti itu," kata dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/29/133248678/dinkes-diy-lakukan-vaksinasi-covid-19-pagi-hari-saat-bulan-ramadhan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke