Salin Artikel

Hari Ketiga Penerapan ETLE di Sulut, 3.138 Pelanggar Terekam Tak Pakai Sabuk Pengaman

MANADO, KOMPAS.com - Kepolisian Daerah Sulawesi Utara (Polda Sulut) menemukan ribuan pelanggar aturan lalu lintas pada hari ketiga penerapan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Kota Manado.

Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast mengatakan, kebanyakan para  pelanggar kali ini yakni tidak memakai sabuk pengaman.

“Selama tiga hari total pelanggaran sebanyak 3.138 orang tidak menggunakan sabuk pengaman,” ujarnya lewat pesan singkat, Jumat siang.

Sementara pada hari pertama penerapan ETLE didominasi pelanggaran tidak memakai helm. Total ada 1.503 pelanggar.

“Namun untuk pelanggaran tidak memakai helm pada hari kedua dan ketiga terjadi penurunan yang cukup signifikan. Hari ketiga pelanggaran yang tidak memakai helm sebanyak 244,” katanya.

Menurut Jules, hal tersebut menunjukkan pengendara sudah ada peningkatan kedisiplinan berlalu lintas.

Sedangkan pelanggaran lalu lintas lainnya yang tertangkap kamera pengawas yakni, melanggar batas kecepatan, salah jalur hingga menggunakan ponsel saat berkendara.

“Kami mengimbau masyarakat tetap patuhi peraturan lalu lintas. Ini demi terwujudnya situasi keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran berlalu lintas,” tandasya.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/26/155442078/hari-ketiga-penerapan-etle-di-sulut-3138-pelanggar-terekam-tak-pakai-sabuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke