Salin Artikel

Muncul Klaster Covid-19 Komunitas Sepeda dan Pegawai BPN di Sintang Kalbar

Hal tersebut merupakan hasil pemeriksaan swab dengan metode polymerase chain reaction (PCR) yang keluar Jumat (26/3/2021).

Kepala Dinas Kesehatan Kalbar Harisson menerangkan, sebagian besar dari 31 kasus baru Covid-19 tersebut, berasal dari klaster komunitas sepeda dan pegawai Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Sintang.

“Terjadi peningkatan kasus di Sintang, ini dari klaster sepeda dan klaster BPN,” kata Harisson kepada wartawan, Jumat siang.

Harisson menjelaskan, klaster komunitas sepeda bermula saat mereka menggelar acara gowes bersama. Komunitas ini juga berasal dari satu kompleks perumahaan yang sama.

Jika ada satu orang anggota keluarga tertular, lanjut Harisson, maka anggota keluarga lain dalam satu rumah akan juga akan berisiko tertular. Jadi semakin bertambah banyaklah klaster sepeda ini.

“Klaster sepeda ini klaster satu kompleks perumahan, setelah acara gowes mereka jalan-jalan memggunakan beberapa mobil, kegiatan ini tanpa protokol kesehatan yang baik dan menyebabkan terjadinya penularan,” ucap Harisson.

Sedangkan untuk klaster pegawai BPN Sintang bermula dari adanya salah satu pegawai mengalami demam dan tetap masuk kerja. Belakangan diketahui, terang Harisson, pegawai tersebut positif Covid-19.

“Saat dilakukan kontak tracing, ternyata sudah banyak yang tertular,” jelas Harisson.

Sebagaimana diketahui, sejak pandemi sampai Jumat (26/3/2021), telah terdapat 5.733 orang terkonfirmasi Covid-19 di Kalbar. Sebanyak 5.054 orang atau 88,15 persen di antaranya telah dinyatakan sembuh. Kemudian ada 34 orang atau 0,59 persen meninggal dunia.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/26/130528778/muncul-klaster-covid-19-komunitas-sepeda-dan-pegawai-bpn-di-sintang-kalbar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke