Salin Artikel

Lebih dari 100 Perusahaan di Karawang Berminat Vaksinasi Gotong Royong

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Karawang Fadludin Damanhuri mengatakan, saat ini memasuki tahap kedua pendaftaran vaksinasi gotong-royong bagi perusahaan yang dijadwalkan pada 10 - 28 Maret 2021.

Sedangkan tahap pertama berlangsung pada 10 - 28 Februari 2021.

"Karawang jumlahnya belum tahu, karena memang hari ini kita penutupannya. Yang jelas, peminatnya hampir 100 lebih untuk di Karawang," ujar Fadludin di sela Musyawarah Kabupaten (Muskab) VII Kadin Karawang, Rabu (24/3/2021).

Fadludin mengatakan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada perusahaan yang ada di Karawang, baik yang berada di kawasan industri maupun di zona industri.

Soal target, Kadin Karawang menyerahkan kepada masing-masing perusahaan.

Sebab, vaksinasi gotong royong tak bersifat memaksa.

"Kita terus memberikan pendampingan kepada perusahaan, yang misalkan terkendala dalam meng-input, karena untuk vaksinasi mandiri kita input secara online," kata dia.

Hanya saja, menurut Fadludin, vaksinasi gotong royong dipandang sebagai langkah mempercepat pertumbuhan ekonomi dan keluar dari pandemi Covid-19.

"Dunia industri kalau tidak ada vaksin mandiri (gotong royong), mereka akan terhambat semuanya," kata dia.


Fadludin menyebut, pihaknya masih menunggu petunjuk dari Kementerian Kesehatan soal pelaksanaan vaksinasi gotong royong.

Pihaknya juga bekerja sama dengan Biofarma.

Menurut Fadludin, vaksin yang digunakan untuk vaksinasi gotong royong bukan yang sudah digunakan pemerintah, baik Sinovac maupun Astrazeneca.

"Nanti untuk teknisnya apakah pembayarannya dilakukan oleh perusahaan ataupun nanti menggunakan BPJS Kesehatan, itu kita masih menunggu juklak juknisnya dari Kemenkes," kata dia.

Sebelumnya, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut, selain program vaksinasi nasional, pemerintah membuka vaksinasi gotong royong.

Lewat program ini, masyarakat bisa mendapat vaksin gratis dari perusahaan tempat mereka bekerja.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/24/150920378/lebih-dari-100-perusahaan-di-karawang-berminat-vaksinasi-gotong-royong

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke