Salin Artikel

Vaksinasi Covid-19 Dosis Pertama untuk Guru di Banyumas Ditarget Rampung Pekan Ini

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Menjelang pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM), sejumlah guru di Banyumas, Jawa Tengah, telah menjalani vaksinasi Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyumas Sadiyanto menargetkan, penyuntikan vaksin Covid-19 dosis pertama akan selesai pekan ini.

Sedangkan untuk vaksinasi dosis kedua akan dilakukan 14 hari kemudian.

"Vaksinasi untuk guru sudah mulai, pekan ini kami targetkan selesai untuk yang dosis pertama," kata Sadiyanto di Pendapa Sipanji Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Selasa (23/3/2021).

Sadiyanto mengatakan, pada tahap awal ini Dinas Pendidikan (Dindik) Banyumas mengajukan sebanyak 322 guru untuk divaksin. Mereka berasal dari 10 sekolah yang telah siap menggelar PTM.

"Untuk guru-guru (di sekolah) yang lain nanti menunggu ketersediaan vaksin ada lagi," ujar Sadiyanto.

Terkait dengan pelaksanaan PTM, lanjut Sadiyanto, Dinkes menyiapkan dua skenario.

"Ketentuan PTM mestinya setelah vaksin kedua, salam teori satu minggi setelah vaksin kedua baru terbentuk antibodi. Tapi yang penting sudah selesai divaksin, silakan PTM," kata Sadiyanto.

Namun, kata Sadiyanto, PTM tetap bisa dilakukan jika terdapat guru yang belum divaksin.

"Kalau PTM mau jalan dulu, bisa kami tes antigen dulu. Kalau negatif, sambil (berjalan PTM) kita vaksin. Jadi ada dua alternatif," kata Sadiyanto.

Diberitakan sebelumnya, lelaksanaan PTM di Kabupaten Banyumas akan dimulai secara bertahap setelah vaksinasi Covid-19 terhadap para guru selesai dilakukan.

Pada tahap awal ini PTM akan dilaksanakan di empat Sekolah Menengah Pertama (SMP), tiga Sekolah Dasar (SD) dan tiga pendidikan kesetaraan.

Rinciannya, SMP 9 Purwokerto, SMP 6 Purwokerto, SMP 1 Wangon dan SMP 1 Sumpiuh.

Kemudian SD N Sokanegara, Kecamatan Purwokerto Timur, SD N Panembangan, Kecamatan Cilongokbdan SDN Kedunggede, Kecamatan Banyumas.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/23/143501278/vaksinasi-covid-19-dosis-pertama-untuk-guru-di-banyumas-ditarget-rampung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke