Salin Artikel

Ini Daftar TPS di Kalsel yang Diperintahkan MK Lakukan Pemungutan Suara Ulang

Perintah itu tertuang dalam putusan gugatan hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kalsel 2020 yang diajukan pasangan calon Denny Indrayana dan Difriadi.

Majelis Hakim Konstitusi menyatakan ada pelanggaran Pilkada di sejumlah TPS.

"Telah terjadi pelanggaran dalam penyelenggaraan Pilkada Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2020," tertulis dalam putusan MK yang dikeluarkan pada Jumat (19/3/2021).

"Sehingga harus dilakukan pemungutan suara ulang pada tempat-tempat tersebut," tertulis pula dalam putusan.

Berikut TPS yang diperintahkan MK menyelenggarakan pemungutan suara ulang:

1. Seluruh TPS  Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin.

2. Seluruh TPS Kecamatan Sambung Makmur, Kecamatan Aluh Aluh, Kecamatan Martapura, Kecamatan Mataraman, dan Kecamatan Astambul, Kabupaten Banjar.

3. 24 TPS di Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin, yaitu TPS 1 TPS 2 TPS 3 TPS 6 TPS 8 Desa Tungkap, TPS 1 TPS 6 TPS 8 TPS 12 TPS 13 TPS 14 TPS 16 TPS 18 Desa Binuang, TPS 5 TPS 7 TPS 10 Desa Raya Belanti, TPS 1 TPS 2 TPS 3 TPS 4 TPS 5 Desa Pualam Sari, TPS 2 Padang Sari, dan TPS 1 TPS 3 Desa Mekar Sari.

KPU Kalimantan Selatan turut diperintahkan untuk mengangkat ketua dan anggota 
kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) serta ketua dan anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) yang baru untuk menyelenggarakan pemungutan suara ulang.

Dengan keluarnya putusan ini, maka hasil rekapitulasi KPU Kalsel yang menyatakan pasangan calon petahana, Sahbirin Noor dan Muhidin, unggul dalam Pilkada 2020 batal.


Hasil rekapitulasi KPU Kalimantan Selatan menunjukkan paslon Sahbirin-Muhidin unggul tipis dari Denny-Difri.

Sahbirin yang diusung koalisi Partai Golkar, PAN, PDI-P, Nasdem, PKB, PKS, PKPI, Perindo, PSI, dan PBB, memperoleh 851.851 suara atau 50,24 persen.

Sedangkan Denny-Difri yang diusung Partai Gerindra, PPP, Demokrat dan Berkarya, memperoleh 843.695 suara atau 49,76 persen.

Berdasarkan rekapitulasi suara, pasangan Sahbirin-Muhidin unggul di lima kabupaten.

Sedangkan Denny-Difri unggul di delapan kabupaten dan kota.

"13 kabupaten kota sudah menyelesaikan jadi kita sudah tetapkan penghitungan suara juga di tingkat provinsi," ujar Ketua KPU Kalsel, Sarmuji usai rapat pleno, Jumat (18/12/2020) malam.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/19/204138278/ini-daftar-tps-di-kalsel-yang-diperintahkan-mk-lakukan-pemungutan-suara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke