Salin Artikel

Ridwan Kamil Beri Kemudahan Pihak Swasta yang Ingin Jadi Panitia Vaksinasi Massal

Salah satu bentuknya, Ridwan Kamil menggratiskan Gedung SOR Arcamanik untuk digunakan sebagai sentra vaksinasi bagi pihak swasta.

Hal itu dikatakan Ridwan Kamil usai meninjau proses vaksinasi massal yang digelar oleh Grab Indonesia di SOR Arcamanik, Kota Bandung, Kamis (18/3/2021).

"Jabar mencari pihak swasta atau pihak ketiga seperti Grab yang mau bela negara, menjadi panitia vaksinasi massal. Saya gratiskan Gedung Arcamanik supaya kita fokus ke keselamatan warga Jabar," ujar pria yang akrab disapa Emil tersebut.

Ia menilai, vaksinasi massal ini bisa mengurangi beban fasilitas pelayanan masyarakat di Jabar yang cukup terbatas.

Emil menuturkan, dengan fasilitas di SOR Arcamanik yang sangat luas, memungkinkan penyelenggara untuk membuat berbagai skema vaksinasi.

Seperti Grab yang menyediakan vaksinasi terpisah bagi lansia dan wanita, serta vaksinasi drive thru yang digabungkan dengan penyedia teknologi pemeriksaan kesehatan.

"Ini adalah prosedur vaksinasi massal yang paling canggih yang bisa kita inovasikan di Jabar. Pertama dalam 3 hari, 5.000 orang bisa divaksin. Yang kedua, proses screening kesehatan bisa dilakukan secara telemedicine atau online," tutur Emil.

Ia berharap, vaksinasi massal ini bisa memenuhi target 72 juta dosis di Jabar, untuk sekitar 36 juta jiwa warga Jabar.

"Yang terpenting, perjuangan melawan Covid ini tidak mungkin tanpa partisipasi semua orang. Karena itu, kalau hanya mengandalkan pemerintah, kami keteteran. Kalau hanya mengandalkan puskesmas yang kecil hanya sehari 60 orang, dikali jumlah puskesmas, itu bisa bertahun-tahun," kata Ridwan Kamil.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/19/111601578/ridwan-kamil-beri-kemudahan-pihak-swasta-yang-ingin-jadi-panitia-vaksinasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke