Salin Artikel

22 Terduga Teroris yang Ditangkap di Jatim Disebut Telah Rekrut 50 Anggota Baru

"Sejak lima tahun terakhir mereka merekut 50 anggota baru, jadi mereka sangat aktif merekrut," kata Wakapolda Jatim Brigjen Slamet Hadi Supraptoyo di Mapolda Jatim, Kamis (18/3/2021).

Slamet mengatakan, pihaknya tak berhenti memetakan dan memantau gerakan para teroris di sejumlah daerah di Jawa Timur.

"Tidak berhenti di 22 orang itu, pengamatan masih terus dilakukan agar mereka tidak sampai melakukan aksi yang merugikan masyarakat," jelasnya.

Sebanyak 22 terduga teroris tersebut ditahan selama dua pekan terakhir di Mapolda Jatim setelah ditangkap di sejumlah wilayah pada awal Maret 2021.

Mereka akhirnya dikirim ke Mabes Polri untuk menjalani proses hukum lanjutan pada Kamis pagi.

Pantauan Kompas.com, 22 terduga teroris itu menaiki dua bus khusus yang dijaga sejumlah petugas Densus 88 Antiteror bersenjata lengkap.

Puluhan terduga teroris itu memakai baju tahanan dengan kaki dan tangan diikat serta mata ditutup kain hitam.


Mereka dibawa ke Mabes Polri, Jakarta, menggunakan pesawat.

"Barang-barang bukti yang diamankan juga dikirim ke Mabes Polri," terangnya.

Puluhan terduga teroris itu ditangkap di sejumlah daerah seperti Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Bojonegoro, dan Malang pada awal Maret 2021.

Sebelumnya, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono mengatakan, 12 terduga teroris yang ditangkap di Jawa Timur telah merencanakan aksi teror.

"Aktivitas-aktivitas kelompok ini, ini adalah kelompok Jamaah Islamiyah. Tentu berafiliasi dengan Al Qaeda dan kelompok ini dikenal dengan kelompok Fahim," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/18/135216978/22-terduga-teroris-yang-ditangkap-di-jatim-disebut-telah-rekrut-50-anggota

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke