Salin Artikel

Hujan Deras Guyur Magetan, Puluhan Rumah Terendam Banjir, Saluran Irigasi Tersumbat Lumpur

Salah satu warga Desa Mangunrejo, Khoirudin mengatakan, banjir terjadi pada pukul 20:00 WIB setelah hujan turun seharian.

“Jam delapan tiba-tiba air naik. Kemarin memang hujan seharian sampai malam, berhentinya jam 22:00 WIB, yang kena lebih dari 20 rumah,” kata Khoirudin di lokasi, Rabu (17/03/2021).

Khoirudin menambahkan, banjir makin parah karena rumpun bambu yang terbawa arus sungai menyumbat aliran di bawah jembatan yang menghubungkan dua desa.

Sungai pun meluap dan sempat merendam rumah warga hingga lebih dari setengah meter.

“Bambu itu sampai akarnya tercabut dan menyumbat di jembatan,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Desa Mangunrejo Lukito mengatakan, selain merendam rumah warga Desa Magunrejo dan Banjar Panjang, terowongan irigasi sepanjang 250 meter juga tersumbat.

Terowongan itu tersumbat lumpur yang dibawa banjir dan luapan arus sungai. Akibatnya, petani kesulitan mendapat air untuk masa tanam kedua.

”Lahan yang terancam tidak mendapat pengairan sebanyak 150 hektare karena gorong-gorong yang dibangun zaman Belanda tersumbat,” katanya.

Sebelumnya, hujan deras mengguyur Kabupaten Magetan yang membuat sejumlah sungai meluap. Akibat hujan deras selain menggenangi puluhan rumah di Desa Banjar Panjang dan Mangunrejo juga merusak sejumlah bangunan dan embung. 

https://regional.kompas.com/read/2021/03/17/171730378/hujan-deras-guyur-magetan-puluhan-rumah-terendam-banjir-saluran-irigasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke