Salin Artikel

Mengenal Andaliman, Rempah Khas Danau Toba yang Tembus Pasar Jerman

Disebut khas karena tumbuh di sekitar danau terbesar di Indonesia, Danau Toba. Rempah-rempah dengan rasa pedas dan getir itu kini menembus pasar ekspor ke Jerman. 

Dalam hal ekspor tersebut, Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Belawan telah memfasilitasi sertifikasi ekspor bumbu rempah bernama andaliman ke Jerman untuk pertama kalinya.

Pihaknya telah melakukan serangkaian tindakan karantina terhadap komoditas yang akan diekspor sesuai persyaratan negara tujuan. 

Jumlahnya tak tanggung, sebanyak 574 kilogram andaliman milik CV SZT. Nilainya mencapai Rp 431 juta.

"Apresiasi yang tinggi kepada para petani dan pelaku usaha yang telah dapat menghasilkan komoditas berkualitas dan mampu menembus pasar ekspor baru," kata Kepala Karantina Pertanian Belawan, Andi Yusmanto melalui keterangan tertulisnya yang diterima Senin (15/3/2021).

Andaliman (Zanthoxylum acanthopodium DC) merupakan komoditas perkebunan yang dapat memberikan rasa sensasi pedas menggigit dan getir di lidah dan terasa kebas.

Efek inilah yang membuat pedasnya banyak menarik dan menggoda para chef profesional hingga di manca negara.

Sejalan dengan upaya peningkatan ekspor pertanian melalui program gerakan tiga kali lipat ekspor (gratieks) yang digagas Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, ragam komoditas dan negara tujuan ekspor baru ini akan menjadi fokus Karantina Pertanian Belawan. 

"Selain fasilitasi sertifikasi, kami juga memberikan pendampingan teknis. Untuk ekspor, layanan 'karpet merah' kami siapkan," ujarnya. 

Dijelaskannya, andaliman bukan hanya sekadar bumbu masakan tetapi juga merupakan kekayaan sumber daya alam hayati Sumut yang telah dikembangkan menjadi tanaman budidaya. 

"Ke depan kita dorong untuk dapat diolah dulu sebelum diekspor minimal setengah jadi agar dapat memberi nilai tambah khususnya bagi para petani andaliman, icon bumbu Sumut ini atau yang di kenal dengan sebutan merica batak," ujarnya. 

Untuk diketahui, andaliman adalah rempah utama dalam berbagai menu hidangan di masyarakat Batak.

Bentuk buahnya bulat dan kecil. Tumbuhnya di dataran tinggi dengan suhu sejuk di sekitar Danau Toba.

Andaliman digunakan untuk menambah citarasa hidangan ikan atau daging. Andaliman memiliki peran penting seperti halnya kunyit. 

https://regional.kompas.com/read/2021/03/16/064636578/mengenal-andaliman-rempah-khas-danau-toba-yang-tembus-pasar-jerman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke